Foto: Anggota Komisi XI DPR RI I Gusti Agung Rai Wirajaya (ARW) bersama Wakil Gubernur Bali Prof Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati didampingi Kepala Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia Provinsi Bali Trisno Nugroho bersama para penerima Program Beasiswa Bank Indonesia pada Rabu (27/4/2022) di Puri Saron, Seminyak, Badung.

Badung (Metrobali.com)-

Anggota Komisi XI DPR RI I Gusti Agung Rai Wirajaya (ARW) mengapresiasi Program Beasiswa Bank Indonesia yang disalurkan Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia Provinsi Bali. Program Beasiswa Bank Indonesia ini menyasar mahasiswa terpilih dari PTN (Perguruan Tinggi Negeri) dan sejumlah PTS (Perguruan Tinggi Swasta) hingga siswa SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) di Bali.

“Kami dorong terus BI tingkatkan anggaran beasiswa untuk meningkatkan kualitas SDM anak bangsa menuju Indonesia Emas,” kata Rai Wirajaya dalam inspirational speech-nya saat saat acara Penyerahan Program Beasiswa Bank Indonesia & Jumpa Perdana Generasi Baru Indonesia (GENBI) 2022 Provinsi Bali pada Rabu (27/4/2022) di Puri Saron, Seminyak, Badung.

Program beasiswa ini diserahkan langsung Wakil Gubernur Bali Prof Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati didampingi Kepala Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia Provinsi Bali Trisno Nugroho dan Rai Wirajaya.

Total ada sebanyak 245 orang yang menjadi penerima Program Beasiswa Bank Indonesia dari jenjang SMK, diploma sampai sarjana. Rinciannya 20 orang siswa SMK Dwijendra Denpasar, untuk mahasiswa Universitas Udayana (Unud) 75 orang mahasiswa, Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) 50 orang mahasiswa, Universitas Pendidikan Nasional (Undiknas) 50 orang mahasiswa, dan Universitas Warmadewa 50 orang mahasiswa.

Masing-masing penerima beasiswa berhak mendapatkan uang beasiswa sebesar Rp 1 juta per orang selama 12 bulan atau satu tahun dengan total Rp 12 juta untuk mahasiswa dan Rp 750 ribu per orang selama 12 bulan atau satu tahun dengan total Rp 9 juta untuk siswa SMK.

Baca Juga :
Presiden Minta OJK dan Pelaku Industri Keuangan Jaga Kepercayaan Pasar dan Masyarakat

Kepada para penerima beasiswa ini Rai Wirajaya berpesan agar dana beasiswa ini dapat dipergunakan dengan baik guna kepentingan pendidikan yang ditempuh. “Beasiswa BI ini jangan digunakan sembarangan. Pergunakan dengan baik,” pesan Anggota Fraksi PDI Perjuangan DPR RI Dapil Bali.

Ia lantas berharap Generasi Baru Indonesia (GENBI) 2022 Provinsi Bali juga dapat menjadi SDM unggul, menjadi calon-calon pemimpin bangsa menuju Indonesia Emas 2045. “Gunakan GENBI untuk memperluas pergaulan dan menambah pengalaman karena jaringan BI ada di Indonesia dan luar negeri,” ujar Rai Wirajaya.

Anggota DPR RI empat periode ini lantas terus mendorong BI mempebanyak kuota beasiswa ini dan semakin memperluas cakupannya ke PTS dan SMK/SMA di Bali. “Program beasiswa BI ini disambut antusias, banyak yang mengantre. Jadi memang sangat dirasakan positif manfaat dari beasiswa BI ini,” pungkas politisi PDI Perjuangan asal Peguyangan, Denpasar ini.

Kepala Kantor Perwakilan (KPw) Bank Indonesia Provinsi Bali Trisno Nugroho mengungkapkan Program Beasiswa Bank Indonesia ini telah bergulir sejak 2011 dengan total penerima beasiswa mencapai 1.150an orang hingga tahun 2022 ini. “Kita guncang Bali dengan beasiswa ini agar Bali bangkit kembali,” tegasnya.

Ia mengingatkan para penerima beasiswa BI ini patut berbangga karena telah berhasil lolos dari proses seleksi yang ketat dan berlapis. “Dapat beasiswa BI suatu keistimewaan, karena banyak di luar sana yang impikan dapat beasiswa. Kalian contoh generasi muda yang cerdas, berprestasi dan punya potensi jadi calon pemimpin,” kata Trisno Nugoro kepada para penerima beasiswa yang sebagian hadir secara offline dan sebagai secara online via Zoom.

BI juga berharap dana beasiswa ini dapat dimanfaatkan dengan baik dan bermanfaat, aga menjadi pemacu inovasi, jadi kader terbaik bangsa mengggali potensi Bali dan Indonesia. BI Bali juga telah telah menyiapkan komunitas berkarya bagi para penerima beasiswa BI ini melalui Generasi Baru Indonesia (GENBI). GENBI adalah wadah mengasah kecerdasan dan kepemimpinan serta memperluas jaringan.

Baca Juga :
DPRD Denpasar Matangkan Ranperda Pengarusutamaan Gender, Emiliana Sri Wahjuni Dorong Denpasar Jadi Kota Ramah Perempuan

Program Beasiswa Bank Indonesia juga diapresiasi Wakil Gubernur Bali Prof Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati (Cok Ace). Sebab proram ini sejalan dengan visi Nangun Sat Kerthi Loka Bali khususunya dalam hal mencetak SDM unggul dan berkarakter.

“Pempro Bali apresiasi BI, Pak Trisno Nugroho dan Pak Agung Rai Wirajaya. Apresiasi atas inisiatif bertahun-tahun memberikan beasiswa ini,” kata Cok Ace yang juga seorang pendidik, dosen ini.

“Selamat belajar, pegang kepercayaan BI. Gunakan waktu sebaik-baiknya sebab banyak saudara kita yang tidak punya kesempatan menempuh pendidikan tinggi. Jangan sampai GENBI jadi pengangguran,” pesan Cok Ace. (wid)