Kondisi Pelabuhan Gilimanuk, Jembrana

Jembrana (Metrobali.com)- 

OtoritaS Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Pelabuhan Gilimanuk akan mengoperasikan KMP Derajat Paciran saat arus mudik Lebaran tahun ini. Kapal ini akan digunakan untuk mengangkut para pemudik yang akan pulang ke kampung halamannya.

Manager Operasional PT ASDP Indonesia Ferry Pelabuhan Gilimanuk, Heru Wahyono mengatakan, KMP Derajat Pacitan dioperasikan untuk mengantisipasi lonjakan pengguna jasa penyeberangan Pelabuhan Gilimanuk saat arus mudik.

“Kapalnya memang tidak sebesar kapal Port Link. Tapi ukurannya lebih besar dari kapal yang biasa melayani penyeberangan Gilimanuk-Ketapang” ujar Heru saat dihubungi lewat telpon seluler, Selasa (5/6).

Menurutnya, kapal Port Link tidak dioperasikan kembali karena beberapa pertimbangan, seperti kebijakan pemerintah dan faktor teknis. Diantaranya sedang dibangunnya sebuah dermaga di Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi, Jawa Timur dan kapal Port Link saat bersandar membutuhkan dermaga yang lebih luas.

“Kalau dipaksakan kapal-kapal lainnya yang biasa beroperasi akan terlambat sandar” ujarnya.

Selain mengoperasikan KMP Derajat Pacitan lanjutnya, pihaknya juga telah menyiapkan 56 unit kapal. Namun saat ini pihaknya baru mengoperasikan 32 unit kapal karena hingga hari ini jumlah pengguna jasa penyeberangan Pelabuhan Gilimanuk masih normal.

“Persiapan menyambut arus mudik sudah kami lakukan. Tapi sampai hari ini masih normal” pungkasnya.

Pewarta : Komang Tole

Editor      : Hana Sutiawati

Baca Juga :
Disdikmudora Tabanan Seleksi Atlet Porsenijar