beryoga

Denpasar (Metrobali.com)-

Akademisi Universitas Hindu Indonesia (Unhi) Denpasar, Dr Ida Bagus Dharmika MA menyatakan banyak wisatawan domestik dan mancanegara berminat latihan yoga yang ditawarkan beberapa pengelola hotel dan vila di Bali.

“Para wisatawan mengaku merasakan keharmonisan dengan alam dan mendapatkan ketenangan bathin ketika melaksanakan gerakan yoga yang menawarkan konsep alam (natural),” kata Dr Ida Bagus Dharmika MA, Rektor Unhi di Denpasar, Jumat.

Ia menjelaskan, kebanyakan hotel dan vila di daerah Ubud dan sekitaran Kabupaten Gianyar yang menawarkan latihan yoga kepada wisatawan, karena alamnya masih relatif sejuk dan asri bahkan ada hamparan sawah dan pegunungan di sekitar vila.

“Konsep yoga yang ditawarkan “kembali kepada alam” dengan makna segala kehidupan diatur hukum alam yang seimbang, harmoni dan kekal, sehingga dengan kembali ke alam akan merasakan ketenangan bathin yang mendalam.

Selain itu, setelah melakukan berbagai proses meditasi yang merupakan salah satu cabang dari yoga, para sisya (murid) mampu mengalami, menyatu bersama alam dengan segala sifat sifat alam yang sempurna.

“Konsep vila alami menjadi salah satu hal yang sangat mendukung praktek yoga, semakin tenang semakin bagus, peserta yoga sulit melakukan pemusatan fikiran apabila melakukannnya di daerah perkotaan yang bising dan penuh keributan.

Pemandangan alam pegunungan, suasana gemericik air, suara burung yang berkiicau bersaut-sautan, sangat sesuai dengan konsep pelaksanaan gerakan yoga yang lebih mengutamakan keterikatan terhadap alam.

“Suasana lingkungan sangat mempengaruhi seorang pelaku yoga, semakin tenang dan hening situasi alam sekitar, maka akan semakin mudah pula mereka mendapatkan kedamaian hati,” kata dia.

Di sisi lain, Ida Bagus Dharmika mengatakan, generasi muda Bali harus membaca peluang ini sebagai ladang untuk mencari mata pencaharian. Tingginya minat wisatawan menekuni praktek yoga menyebabkan semakin besar pula kebutuhan akan tenaga instruktur yoga.

Baca Juga :
Komplotan Pencuri "Credit Card"Dibekuk, Pelakunya Pegawai Avsec Bandara

“Kedepan, hotel dan vila akan banyak membutuhkan tenaga instruktur yoga yang memiliki keahlian dan kecakapan, jadi, anak muda kita harus memanfaatkan hal itu,” ungkap dia. AN-MB