Pilkada (2)

Labuan Bajo (Metrobali.com) –

Sejumlah nama sudah mulai disebut-sebut ikut bertarung dalam Pilkada Kabupaten Manggarai Barat 2015. Selain nama-nama politisi serta incumbent, ada pula kalangan kampus yang sudah siap untuk memburu kursi Manggarai Barat 1.

Salah satunya adalah, Petrus Pius Salamin. Pria kelahiran Kampung Nara, Kecamatan Mbeliling, Kabupaten Manggarai Barat tersebut saat ini aktif sebagai dosen Fakultas Ekonomi Unika Atma Jaya Jakarta. Sebelumnya, Petrus Salamin bahkan pernah duduk sebagai Wakil Rektor Universitas Atma Jaya.

Beberapa waktu belakangan, Petrus Salamin cukup aktif melakukan konsolidasi di Manggarai Barat. Selain menjalin komunikasi dengan elit partai politik, ia juga terus blusukan ke akar rumput.

“Ini bukan cita-cita yang baru lahir kemarin. Cita-cita ini sudah ada sejak lama,” tutur Petrus Salamin, di Labuan Bajo, Kamis (22/1), saat ditanya tentang alasannya untuk ikut bertarung dalam Pilkada Manggarai Barat 2015.

Ia pun berharap, niat baiknya ini kelak akan mendapatkan dukungan masyarakat Manggarai Barat. Apalagi, dirinya menginginkan agar pemimpin Manggarai Barat ke depan adalah sosok yang betul-betul memahami apa yang menjadi harapan dan impian rakyat setempat.

“Jadi, pemimpin itu harus paham apa yang menjadi kebutuhan rakyatnya, paham apa yang menjadi harapan dan impian rakyatnya, juga paham akan harapan dan impian rakyat tentang dirinya,” kata Petrus Salamin.

Dengan demikian, imbuhnya, maka rakyat Manggarai Barat harus menjadi visi dari seorang pemimpin itu sendiri. Tentang Manggarai Barat sendiri, dalam kaitan dengan tujuan memenuhi kebutuhan rakyat, ia berkomitmen untuk terpenuhi atau tercukupinya kebutuhan setiap masyarakat secara relatif.

“Terpenuhinya kebutuhan setiap masyarakat, itulah yang disebut makmur dan sejahtera itu. Dan inilah yang saya perjuangkan terus- menerus. Karena zaman akan berubah, kebutuhan juga akan berubah,” tandasnya.

Baca Juga :
ARB: Yang Benar Akhirnya Akan Menang

Sementara itu disinggung tentang kendaraan politik yang ditumpangi dalam Pilkada Manggarai Barat 2015, Petrus Salamin mengaku sudah melamar ke sejumlah partai politik. “Saya sudah melamar ke PDI Perjuangan, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai NasDem, Partai Bulan Bintang (PBB) dan PPP,” pungkasnya. MSE-MB