Abbas-Hollande Akan Bertemu Di Paris Jumat

single-image

Ramallah, Wilayah Palestina, (Metrobali.com) –

Presiden Palestina Mahmud Abbas akan bertemu Presiden Prancis Francois Hollande di Paris Jumat, menjelang pidato kunci di Perserikatan Bangsa Bangsa, kata juru bicaranya.

Abbas akan menghabiskan dua hari di Paris sebelum menuju ke New York, di mana ia akan menghadiri sidang Majelis Umum PBB, yang dibuka pada 24 September, kata juru bicaranya, Nabil Abu Rudeina, kepada AFP, Ahad.

Pemimpin Palestina itu akan menggunakan pidatonya di PBB untuk mencoba mendukung unjuk rasa atas prakarsa diplomatik baru untuk menetapkan tanggal mengakhiri pendudukan Israel.

Dia baru-baru ini memperoleh dukungan dari Liga Arab untuk rencananya itu, yang bertujuan untuk mengamankan mengakhiri pendudukan Israel dalam waktu tiga tahun dan pembentukan negara Palestina di wilayah yang diduduki Israel pada Perang Enam Hari tahun 1967.

Awal bulan ini, seorang pejabat senior Palestina mengatakan kepemimpinan akan mencari suara Dewan Keamanan PBB mengenai resolusi yang menetapkan tiga tahun batas waktu untuk mengakhiri pendudukan negara Yahudi itu, meskipun tahu rancangan tersebut akan diveto oleh Washington.

“Kami akan mencari resolusi Dewan Keamanan untuk mengakhiri pendudukan pada tanggal tertentu,” kata Hanan Ashrawi, yang merupakan anggota badan Organisasi Pembebasan Palestina (PLO).

“Kita harus tahu bahwa pendudukan akan berakhir dalam waktu tiga tahun.” Dia juga mengangkat kemungkinan mencari bagian dari upaya serupa tetapi bukan resolusi yang mengikat oleh Majelis Umum PBB.

Jika, seperti yang diharapkan, tawaran Dewan Keamanan gagal, Palestina mengatakan kepada mereka akan mempertimbangkan segera-melacak permohonan untuk menjadi pihak pengadu di dalam Pengadilan Pidana Internasional.

Itu akan membuka jalan bagi kemungkinan penuntutan atas tindakan Israel di wilayah-wilayah pendudukan, termasuk selama perang 50-hari di Gaza yang berakhir pada 26 Agustus.

(Ant) –

 

Bagikan :
Baca Juga :
Besok, Pangeran Mansour Kembali ke Arab

Leave a Comment

Your email address will not be published.