Buleleng, (Metrobali.com)

KPU Provinsi Bali bersama KPU Kabupaten Buleleng menggelar Coffee Morning Tahapan Pemilihan Serentak Tahun 2024 di Haven Boutique Resort, Lovina, Desa Kaliasem, Buleleng pada Jumat (25/10/2024).

Dalam giat Coffee Morning ini, terungkap
KPU Provinsi Bali bersama KPU kabupaten/kota se-Bali akan menanam 250 ribu pohon di 1.000 titik lokasi tersebar di berbagai wilayah di Bali, yang pelaksanaannya direncanakan pada Kamis, 7 November 2024 mendatang. berbarengan dengan pelantikan KPPS di seluruh Bali.

“Kami melakukan penanaman pohon ini berbarengan dengan pelantikan KPPS di seluruh Bali. Dimana upaya penghijauan ini, sekaligus mempromosikan konsep Green Election,” ucap tegas Ketua KPU Provinsi Bali, Dewa Agung Gede Lidartawan saat dikonfirmasi usai acara Coffee Morning.

Lebih lanjut dikatakan kegiatan penanaman pohon yang sangat positip berdampak terhadap lingkungan, diharapkan menjadi teladan bagi daerah lain di Indonesia. Mengingat konsep green election terus digaungkan, untuk mengurangi dampak negatif dari penggunaan kertas dan material yang tidak ramah lingkungan selama proses pemilihan, baik itu Pemilu, Pileg dan Pilkada Serentak 2024.

“Dengan menanam pohon ini, kami berupaya untuk menyeimbangkan jejak karbon yang ditimbulkan oleh berbagai kegiatan pemilihan, termasuk pencetakan kertas suara dan logistik lainnya,” jelas Lidartawan.

Iapun menyebut penanaman pohon yang jumlahnya ribuan pohon ini, nantinya akan melibatkan berbagai lapisan masyarakat, termasuk kelompok masyarakat sipil, lembaga pendidikan, organisasi pemuda, dan pihak swasta,

“Penanaman pohon ini, kami berkolaborasi dengan Dinas Kehutanan dan komunitas lokal untuk memastikan perawatan serta pemantauan keberlanjutan pohon yang ditanam,” terangnya.

Terkait dengan titik lokasi dilakukan penanaman pohon, ucap dia mencakup wilayah pesisir, lahan kritis, dan area perkotaan yang membutuhkan penghijauan. Yangmana jenis pohon yang ditanam, menyesuaikan dengan kondisi lokal untuk memastikan tingkat pertumbuhan dan keberlangsungan pohon yang ditanam tetap hidup secara optimal.

“Bali sebagai pulau yang menjadi tujuan wisata internasional, memiliki tanggung jawab besar dalam menjaga keberlanjutan lingkungan agar tetap lestari dan nyaman untuk tetap dan selalu dikunjunginya,“ pungkas Lidartawan.

Dalam pantauan media ini diacara Coffee Morning, tampak dihadiri Ketua KPU Buleleng Komang Dudhi Udiyana dan anggota komisionernya, Ketua Bawaslu Buleleng Carna Wirata, anggota dewan, TNI/Polri serta instansi terkait lainnya. Dalam pembicaraannya terkait evaluasi tahapan untuk suksesnya Pilkada serentak pada 27 Nopember 2024 mendatang. GS