Badung, (Metrobali.com) 

 

Seorang wisatawan asal India, Nilesh Mukhi (59), ditemukan meninggal dunia setelah terseret ombak di Pantai Billabong, Nusa Penida, pada Kamis (17/10/2024). Jenazahnya ditemukan terapung-apung di Perairan Samuh, Nusa Dua, Kuta Selatan Badung, setelah operasi pencarian yang dilakukan selama dua hari.

Kejadian tragis ini bermula pada Rabu, 16 Oktober 2024, sekitar pukul 10.50 WITA, ketika Nilesh Mukhi sedang berfoto dan menikmati pemandangan di atas tebing bersama wisatawan lainnya. Tiba-tiba, ombak besar menghantam tubuhnya, membuatnya tergulung dan tenggelam ke dalam laut.

Tim SAR gabungan, yang terdiri dari Unit Siaga Nusa Penida, Pos TNI AL Nusa Penida, Polairud Polda Bali, Polsek Nusa Penida, relawan Banser, dan masyarakat setempat, melaksanakan penyisiran di sekitar lokasi kejadian dengan menggunakan Rigid Inflatable Boat (RIB). Namun, kondisi perairan di Pantai Billabong tergolong ekstrim, menyulitkan tim SAR untuk mendekati tebing-tebing.

“Pada pukul 12.10, kami menerima informasi dari Kantor SAR Denpasar bahwa telah ditemukan jenasah mengapung di Perairan Samuh, Nusa Dua,” jelas Cakra Negara, Koordinator Unit Siaga SAR Nusa Penida.

Tim penyelamat menemukan jenasah yang sesuai dengan ciri-ciri korban setelah konfirmasi dilakukan dengan anaknya.

Setelah ditemukan, jenasah Nilesh Mukhi segera dibawa ke Rumah Sakit Umum Sanglah untuk keperluan identifikasi lebih lanjut.

Tragedi ini mengingatkan kita akan bahaya ombak besar di pantai-pantai yang populer di Bali, terutama bagi wisatawan yang ingin menikmati keindahan alam tanpa memperhatikan keselamatan diri.

Tips Keselamatan Saat Berwisata di Pantai

Hindari daerah berbahaya: Jangan terlalu dekat dengan tebing atau area yang terlihat berisiko saat ombak besar.
Perhatikan informasi cuaca: Selalu cek prakiraan cuaca dan kondisi laut sebelum berkunjung.
Gunakan pelindung: Pakailah pelampung atau alat pengaman lain jika berada di area yang rawan.
Kepada semua pengunjung, selalu utamakan keselamatan saat menikmati keindahan alam Bali.

(jurnalis : Tri Widiyanti)