Foto: Deklarasi dukungan Komunitas Pemaser Ikan Bali (Kopi Bali) untuk paslon ABDI dan Mulia-PAS.

Denpasar (Metrobali.com)-

Pasangan Calon Walikota dan Wakil Walikota Denpasar nomor urut 1 Gede Ngurah Ambara Putra dan I Nengah Yasa Adi Susanto yang dikenal dengan sebutan Paslon ABDI terus banjir dukungan dari berbagai elemen dan komponen masyarakat di Denpasar untuk memenangkan Pilwali Denpasar 2024. Kali ini dukungan datang dari Komunitas Pemaser Ikan Bali atau yang  disingkat Kopi Bali yang merupakan komunitas penghobi penembak ikan.

Dukungan dari Kopi Bali disampaikan pada Minggu malam 13 Oktober 2024 di basecamp Kopi Bali di Jalan Suli Denpasar. Acara deklarasi dukungan dari Kopi Bali serangkaian HUT ke-3 Kopi Bali ini dihadiri langsung Calon Wakil Walikota Denpasar dari paslon ABDI yakni I Nengah Yasa Adi Susanto yang akrab disapa Bro Adi didampingi Sekretaris Tim Pemenangan ABDI Denpasar I Putu Suma Gita yang juga Ketua DPD Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kota Denpasar bersama Ketua Fraksi PSI DPRD Kota Denpasar Agus Wirajaya.

Bahkan istimewanya Bro Adi didaulat menjadi Anggota Kehormatan dari dari Komunitas Pemaser Ikan Bali atau Kopi Bali. Bro Adi pun mengaku tersanjung dan merasa terhormat menjadi bagian dari keluarga besar Kopi Bali.

Dirinya mengaku sewaktu muda sebelum bekerja di kapal pesiar memang senang penembak ikan. Kini dirinya pun kembali terpanggil untuk mengenang nostalgia masa lalu bersama Kopi Bali dan akan meluangkan waktu untuk bisa menembak ikan bersama-sama komunitas ini.

Sementara terkait dukungan Kopi Bali kepada ABDI Denpasar di Pilwali Denpasar, Andreas Santosa selaku Ketua Umum KOPI Bali menjelaskan pihaknya melihat ada harapan besar pada paslon ABDI untuk menghadirkan perubahan besar demi memajukan Denpasar. Pihaknya tidak ingin pembangunan di Denpasar stagnan atau jalan di tempat dan ibarat tertidur lelap selama ini.

“Kami melihat figur Ambara-Adi atau ABDI ini memang satu figur yang kita harapkan bisa menjadi panutan menjadi pemimpin Denpasar ke depan agar bisa memberikan perubahan yang baik untuk Denpasar,” kata Andreas.

Sebagai bagian dari warga Denpasar komunitas ini menitipkan aspirasi kepada ABDI untuk diperhatikan ketika terpilih sebagai Walikota dan Wakil Walikota Denpasar. Penyelesaian masalah sampah, kemacetan, banjir, infrastruktur trotoar, penataan kabel semrawut, lebih banyak menambah ruang terbuka hijau, penambahan fasilitas olahraga menjadi sejumlah hal dititipkan kepada paslon ABDI.

“Kami percaya dengan pengalaman dan tekad beliau, apalagi dengan satu jalur dengan Calon Gubernur dan Calon Wakil Gubernur Mulia-PAS, satu jalur dengan pemerintahan Presiden Prabowo di pemerintah pusat, kami yakin Denpasar bisa menjadi lebih baik lagi,” pungkas Andreas.

Sementara itu Calon Wakil Walikota Denpasar dari paslon ABDI yakni I Nengah Yasa Adi Susanto yang akrab disapa Bro Adi mengucapkan terima kasih atas dukungan tulus dari Kopi Bali ini untuk ABDI di Pilwali Denpasar maupun untuk Calon Gunbernur dan Wakil Gubernur Bali Made Muliawan Arya dan Putu Agus Suradnyana (Mulia-PAS).

“Dukungan ini kami sangat apresiasi dan setiap hari dukungan untuk ABDI terus bertambah.  Kami juga sangat apresiasi mereka menitipkan banyak aspirasi. Mudah-mudahan aspirasi ini bisa kami penuhi dan perjuangkan ke depan bila kami terpilih,” ujar Bro Adi yang juga Ketua DPW PSI Bali ini.

Tarung di Pilwali Denpasar, Ambara-Adi “ABDI” mengusung visi “Melalui Prinsip Aman, Berbudaya, Dialogis dan Inovatif terwujud Kota Denpasar Maju menuju Indonesia Emas 2045”. Ambara-Adi “ABDI” memposisikan diri sebagai Abdi Denpasar.

ABDI dalam hal ini mempunyai makna bahwa kami siap mendedikasikan, mempersembahkan dan membaktikan diri untuk bekerja melaksanakan kewajiban melayani kepentingan masyarakat dengan tulus sebagaimana tugas dan fungsi sebagai Wali Kota dan Wakil Wali Kota. Kami mengusung filosofi yang diambil dari kitab Taittiriya Upanishad, yaitu Satyam Vada, Dharmam Chara”, yang artinya Katakan Kebenaran, Lakukan Kebajikan.

Melalui filosofis ini, Ambara-Adi “ABDI” mengutamakan konsep satya wacana dan satya laksana, dimana perkataan dan perbuatan harus sejalan dengan kebenaran (Dharma) menuju Denpasar yang Maju, Nyaman dan Sejahtera. Secara filosofis nilai-nilai tersebut menjadi sumber acuan dalam menuntaskan berbagai permasalahan di Kota Denpasar, seperti misalnya permasalahan sampah, kemacetan, banjir, masalah PDAM dan air bersih, pencemaran lingkungan, kesenjangan sosial, dan kualitas pelayanan pemerintah kepada masyarakat.

Oleh karena itu, agar pengabdian yang dilakukan dapat terarah sesuai dengan tugas dan fungsinya, maka penting untuk merancang Visi dan Misi sebagai acuan. Visi yang diusung Ambara-Adi “ABDI” selaras juga dengan Visi Presiden dan Wakil Presiden Terpilih Prabowo-Gibran yaitu “Bersama Indonesia Maju Menuju Indonesia Emas 2045” . Selaras pula dengan visi Pembangunan Daerah Kota Denpasar Tahun 2025-2045 yaitu “Kota Denpasar yang Berbudaya, Maju, Sejahtera dan Berkelanjutan”.

Adapun Visi dan Misi yang diusung mencerminkan prinsip-prinsip dasar: Aman, Berbudaya, Dialogis, dan Inovatif, kemudian mengintegrasikan visi ini untuk mewujudkan Denpasar Maju menuju Indonesia Emas 2045. Tujuannya untuk menciptakan lingkungan yang tidak hanya nyaman dan aman, tetapi juga cerdas dan berbasis teknologi. (ana)