Badung (Metrobali.com) –

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) melalui program Teras Negeriku mengadakan acara kopi darat bertajuk “Kumpul Sobat Negeriku” bersama para content creator muda dari generasi Z di Bali.

Mengusung tema Muda Berkarya di Pulau Dewata, kegiatan ini bertujuan untuk mendorong kreativitas anak muda dalam menghasilkan konten digital yang positif.

Acara ini turut menghadirkan Amalia Tambunan, seorang content creator yang juga dikenal sebagai travel host.

Kehadiran Amalia diharapkan dapat memberikan inspirasi bagi generasi muda Bali dalam memproduksi konten kreatif dan informatif, terutama dalam mempromosikan kearifan lokal Bali melalui media sosial.

Harry Yassir Elhadidy Siregar, selaku Penanggung Jawab Teras Negeriku, menjelaskan bahwa pendekatan program ini adalah soft approach dengan target utama generasi Z. Menurutnya, banyak anak muda yang saat ini aktif menggunakan media sosial, sehingga penting untuk menyampaikan kinerja pemerintah melalui konten digital yang menarik.

“Kami ingin berkolaborasi dengan anak-anak muda di berbagai daerah untuk mendorong mereka agar tidak hanya mengonsumsi informasi, tetapi juga memproduksi informasi yang positif,” ujar Harry, di Badung.

Teras Negeriku memiliki komunitas Sobat Negeriku yang aktif memproduksi konten-konten digital di berbagai daerah.

Program ini telah dilaksanakan di beberapa kota seperti Yogyakarta, Jakarta, Bandung, Surabaya, dan kini di Bali. Fokus utama di Bali adalah mengangkat kearifan lokal serta dinamika pariwisata yang ada, agar dapat menjadi konten edukatif bagi masyarakat di luar Bali.

Salah satu contoh kolaborasi yang dilakukan adalah melalui pelatihan penggunaan kain tradisional di Yogyakarta.

Sementara di Bali, katanya program ini mendorong anak muda untuk membuat konten yang menonjolkan keunikan lokal, seperti keindahan terasering dan budaya masyarakat Bali.

Khusus kali ini kata dia, para gen Z diminta untuk membuat konten video berdurasi singkat dari membuat canang (sesaji untuk sembahyang umat Hindu Bali). Merekapun menyambutnya dengan antusias.

Harry menambahkan bahwa tujuan utama Teras Negeriku adalah mempersiapkan anak muda agar siap bersaing di era digital, terutama menjelang tahun 2045 yang diprediksi akan menjadi era puncak perkembangan teknologi informasi.

Oleh karena itu, pelatihan dan workshop diselenggarakan untuk membekali generasi muda dengan literasi digital yang memadai.

Program ini juga memberikan kesempatan bagi anak-anak muda untuk berkolaborasi dalam memproduksi konten digital yang berkaitan dengan berbagai isu, mulai dari pemilu, toleransi, hingga bela negara.

“Di Bali, generasi muda diharapkan dapat mengisi ruang digital dengan konten yang kreatif dan positif, sekaligus menjadi agen perubahan dalam masyarakat melalui media sosial, ” Tandasnya.

Teras Negeriku, imbuhnya diharapkan dapat menjadi mitra penting dalam mendukung Indonesia melalui produksi konten yang relevan dan berdaya guna, baik untuk lokal maupun nasional.

(Jurnalis : Tri Widiyanti)