Buleleng (Metrobali.com)-

Dalam rangka memastikan pelaksanaan Pilkada 2024 berjalan lancar, KPU Buleleng menggelar Rapat Koordinasi Persiapan Pengundian Nomor Urut dan Deklarasi Kampanye Damai Bagi Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Buleleng. Acara ini berlangsung di Berutz Bar & Resto, Jumat, (22/9), dengan agenda utama untuk mengatur teknis pelaksanaan pengundian nomor urut yang akan digelar di Kantor KPU Buleleng pada Senin, 23 September 2024.

Kegiatan tersebut dibuka langsung Ketua KPU Buleleng, Komang Dudy Udiyana, dalam sambutannya pihaknya menegaskan bahwa rapat ini bertujuan untuk mempersiapkan segala aspek teknis dan prosedural dalam pengundian nomor urut Paslon yang akan dihadiri undangan dari Paslon, partai pendukung, dan pihak terkait.

“Kami berupaya melayani seluruh pemilih dan peserta pemilihan kepala daerah di Kabupaten Buleleng. Kesiapan teknis ini penting agar semua proses berjalan lancar,” ujar Dudy.

Proses pengundian akan melibatkan beberapa tahapan penting, mulai dari pengundian nomor antrean, penandatanganan berita acara, pernyataan paslon, hingga pembaca. deklarasi kampanye damai pada Pilkada 2024. Selain itu, spesimen surat suara akan dicocokkan untuk memastikan transparansi dan akurasi. Ketua KPU Buleleng mengingatkan agar semua pihak mematuhi aturan yang telah ditetapkan demi menjaga ketertiban acara.

Sementara itu, Ketua Divisi Teknis Penyelenggara KPU Buleleng, Gede Agus Tryo Arisnawan, menyoroti bahwa pengundian nomor urut merupakan momen penting bagi paslon sebagai landasan untuk memulai kampanye dan sosialisasi kepada masyarakat.

“Dengan persiapan matang, kami berharap setiap tahapan Pilkada bisa berjalan sesuai jadwal dan menciptakan suasana yang kondusif,” kata Agus.

KPU Buleleng juga menggandeng Laison Officer (LO) dari tiap pasangan calon untuk menjaga kondusivitas selama proses berlangsung dengan harapan semua tahapan ini berjalan sesuai regulasi sehingga Pilkada di Buleleng berlangsung aman, dan damai.

Melalui rapat koordinasi ini, KPU Buleleng memastikan semua elemen Pilkada siap berjalan dengan baik, menciptakan Pilkada yang demokratis dan berintegritas, serta mengedepankan kepentingan masyarakat Buleleng. GS