Buleleng, (Metrobali.com)

Sekretaris Daerah (Sekda) Buleleng Drs. Gede Suyasa,M.Pd didampingi jajaran pengurus Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Buleleng pada Jumat (20/9/2024) secara resmi melepas tujuh kontingen terbaik dari Kabupaten Buleleng, untuk mengikuti Perkemahan Bakti Saka Wanabakti (Pertikawan) Nasional yang berlangsung di Cibubur pada 23-27 September 2024 mendatang.

Sekda Suyasa menyampaikan pentingnya kegiatan kepramukaan sebagai sarana pembentukan karakter generasi muda. Pihaknya menegaskan bahwa Pramuka merupakan organisasi yang mampu mengembangkan soft skill serta wawasan generasi muda.

“Kegiatan seperti Pertikawan ini tentu akan menambah pengalaman, wawasan, dan kemampuan soft skill mereka,” ucap Suyasa.

Lebih lanjut Suyasa berharap agar para peserta dapat memberikan yang terbaik serta mengharumkan nama Kabupaten Buleleng di kancah nasional.

“Dalam kompetisi tentu ada juaranya, ini adalah ajang untuk menguji kemampuan diri. Saya yakin, anak-anak Buleleng mampu bersaing dan meraih prestasi,” ujarnya.

Sejalan dengan Sekda, Ketua Harian Kwarcab Gerakan Pramuka Buleleng, Made Tingkat turut menyampaikan kebanggaannya atas partisipasi kontingen Buleleng dalam Pertikawan Nasional. Menurutnya, ini merupakan bukti nyata keberhasilan pembinaan yang dilakukan Kwarcab Buleleng.

“Kami berharap kegiatan ini semakin memotivasi anggota Pramuka untuk terus berprestasi,” ujarnya.

Selain itu, Made Tingkat menambahkan sebelum bertolak ke Cibubur, para kontingen telah menjalani berbagai pelatihan dan pembekalan. Mereka dipersiapkan untuk menghadapi berbagai tantangan selama perkemahan berlangsung.

“Hal ini merupakan kelanjutan dari pembinaan yang sudah dilakukan di kwatir cabang Buleleng dan sudah mengikuti kegiatan tahun lalu di bumi perkemahan cekik,” pungkasnya.

Sementara itu, salah satu peserta, Tri Krisna, mengaku antusias dengan kesempatan ini.

“Saya merasa senang bisa ikut Pertikawan Nasional. Ini kesempatan bagus untuk menambah pengalaman dan bisa berpetualang lebih jauh,” ujarnya dengan penuh semangat

Pertikawan Nasional merupakan kegiatan kepramukaan yang diikuti oleh perwakilan Pramuka Saka Wanabakti dari seluruh Indonesia. Acara ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran generasi muda terhadap kelestarian lingkungan. GS