Tabanan (Metrobali.com)-

Dipimpin oleh Bupati Tabanan, Dr. I Komang Gede Sanjaya.,S.E.,M.M, Warga Tabanan menyambut penuh antusias kehadiran Bupati Badung, I Nyoman Giri Prasta, yang hadir dalam acara Angelus Buana, penyerahan hibah dan bantuan keuangan khusus (BKK) dari Pemerintah Kabupaten Badung ke Kabupaten Tabanan. Acara tersebut berlangsung di Gedung Kesenian I Ketut Marya Tabanan, Jumat (20/9).

 

Dalam acara ini, Bupati Giri Prasta didampingi oleh Ketua DPRD Badung dan PJ Sekda Badung, serta disambut langsung oleh Bupati Sanjaya, Ketua DPRD Kabupaten Tabanan, dan berbagai pejabat lainnya, termasuk Camat se-Kabupaten Tabanan dan tokoh masyarakat. Kehadiran Bupati Giri ini menjadi momen yang dinanti-nanti oleh warga, mencerminkan semangat kolaborasi antar daerah di Bali.

 

Bupati Sanjaya dalam sambutannya mengekspresikan kebanggaan dan rasa terima kasihnya kepada Bupati Giri. Ia menyebut Giri Prasta sebagai seorang sahabat dan Bupati semua kabupaten, mengingat kontribusinya yang signifikan terhadap Kabupaten Tabanan melalui program Angelus Buana. Beliau telah banyak memberikan bantuan tidak hanya kepada kita di Kabupaten Tabanan, tetapi juga ‘memeluk’ Kabupaten-kabupaten yang ada di Bali,” jelas Sanjaya.

 

Sanjaya juga menyoroti besarnya dana yang telah dikucurkan oleh Bupati Badung untuk Kabupaten Tabanan. Ia mengungkapkan bahwa pada anggaran induk tahun 2024, Bupati Giri telah mengalokasikan dana sebesar lebih dari 232 milyar rupiah. Selain itu, pada anggaran perubahan tahun 2024, dana tambahan sebesar 108 milyar rupiah juga digelontorkan, menjadikan total dana yang diterima Tabanan untuk hibah dan BKK mencapai 340 milyar rupiah.

 

Dalam suasana penuh syukur, Sanjaya menambahkan, “Saya selaku Bupati Tabanan beserta seluruh masyarakat ingin menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Bapak Bupati Badung, I Nyoman Giri Prasta atas segala bantuannya kepada masyarakat kami di Kabupaten Tabanan.” Ia berharap melalui program “Angelus Buana”, semua kabupaten di Bali akan merasakan manfaat dan menjaga semangat persaudaraan “Menyame Braya”sebagai sebuah ikatan persaudaraan, one island, one management” tegas Sanjaya.

 

Bupati Giri Prasta, dalam kesempatan itu, menyampaikan visi dari program Angelus Buana. “Angelus Buana ini mangda prasida ngemargiang pemerataan ekonomi. Jika pemerataan ekonomi memargi, maka nilai di masyarakat Tabanan ini meningkat. Tujuan akhirnya, saya ingin terwujudnya kesejahteraan yang berkeadilan,” ujarnya. Pernyataan ini menekankan pentingnya keadilan dalam distribusi sumber daya di tengah masyarakat.

 

Kehadiran kedua Bupati dalam acara tersebut menunjukkan komitmen mereka untuk bekerja sama dalam membangun kesejahteraan rakyat. Dengan dukungan anggaran yang signifikan, diharapkan program-program yang dilaksanakan dapat memberikan dampak positif dan berkelanjutan bagi masyarakat Tabanan dan Bali secara keseluruhan.

 

Acara tersebut juga menjadi ajang silaturahmi dan penguatan hubungan antara pemerintah kabupaten di Bali. Dengan semangat kolaborasi, diharapkan sinergi antar kabupaten dapat terus terjalin demi kemajuan dan kesejahteraan bersama.

 

Untuk dapat diketahui, jumlah daftar prioritas yang akan menerima hibah perubahan pada 2024 saat itu tercatat sebanyak 195 paket. Sementara Jumlah penerima BKK yakni 22 paket dan jumlah total bantuan BKK yakni 35 milyar, selanjutnya total bantuan Hibah Perubahan 2024 yakni 73 milyar dan jumlah keseluruhannya yaitu 108 milyar. 

 

Sumber : Humas Pemkab Tabanan