Foto: Ketua DPW PSI Bali Nengah Yasa Adi Susanto yang akrab disapa Bro Adi.

Denpasar (Metrobali.com)-

Ketua DPW Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Provinsi Bali Nengah Yasa Adi Susanto yang akrab disapa Bro Adi angkat bicara soal perkembangan rekomendasi calon kepala daerah dari PSI baik untuk Pilgub Bali, Pilwali Denpasar dan Pilkada Klungkung dimana PSI mempunyai perwakilan di legislatif.

Bro Adi mengatakan, rekomendasi untuk calon kepala daerah untuk Pilgub Bali Bali dari PSI sudah diajukan, dengan Calon Wakil Gubernur Bali yang diajukan adalah Made Muliawan Arya yang akrab disapa De Gadjah yang merupakan Ketua DPD Partai Gerindra Provinsi Bali.

Untuk Pilwali Kota Denpasar dimana PSI punya 3 kursi di DPRD Denpasar, nama pasangan Gede Ngurah Ambara Putra – Nengah Yasa Adi Susanto (Ambara-Adi) sebagai Calon Walikota dan Calon Wakil Walikota Denpasar telah diusulkan ke DPP PSI. Namun, rekomendasi untuk Klungkung masih dalam proses, karena situasi di sana masih dinamis dan menunggu hasil survei.

Untuk di Klungkung dimana PSI punya 1 kursi di DPRD Klungkung, Bro Adi menegaskan PSI akan mengikuti keputusan Gerindra dan mendukung siapapun yang didukung oleh partai besutan Prabowo Subianto tersebut sesuai dengan kesepakatan yang telah ditandatangani bersama oleh seluruh pengurus DPW, Ketua serta Sekretaris DPD PSI se-Provinsi Bali.

“Karena kami kan tegak lurus dengan Gerindra, siapapun yang didukung oleh Gerindra, PSI akan merapat ke sana sesuai dengan apa yang telah kami tanda tangani bersama seluruh pengurus DPW dan Ketua, Sekretaris DPD se-Provinci Bali,” terang Bro Adi saat dihubungi Selasa 6 Agustus 2024.

Bro Adi kemudian mengatakan, nama Gede Ngurah Ambara Putra dan dirinya yang dikenal dengan paket Ambara-Adi telah diajukan sebagai Calon Walikota dan Calon Wakil Walikota Denpasar. Saat ini, paket tersebut tinggal menunggu rekomendasi dari DPP PSI untuk disetujui.

“Jadi itu yang kita ajukan ke DPP, tinggal nunggu rekomendasinya turun,” tegas politisi PSI yang juga akrab disapa Jro Ong itu.

Bro Adi menjelaskan lebih lanjut bahwa PSI memiliki mekanisme khusus bernama Desk Pilkada yang akan menyeleksi calon kepala daerah sebelum diajukan kepada Ketua Umum, Kaesang Pangarep. Setelah seleksi selesai, akan dijadwalkan proses penyerahan rekomendasi, yang biasanya dilakukan dalam acara santai seperti nonton film, main badminton, atau sepak bola. Untuk Denpasar, pasangan calon sudah diajukan, sedangkan untuk Calon Gubernur Bali, PSI telah mengajukan nama De Gadjah sebagai Calon Wakil Gubernur Bali.

“Nanti tinggal menunggu waktu aja dari DPP kapan mau diserahkan. Yang penting kalau Denpasar kita sudah fix, sudah kita kirim. Kalau untuk Pilgub Bali sudah kita kirim nama Pak De Gadjah untuk wakil gubernurnya,” ungkap Bro Adi.

Bro Adi menepis adanya perpecahan di tubuh Koalisi Indonesia Maju (KIM) Plus. Ia menegaskan bahwa KIM Plus, yang terdiri dari Demokrat, Golkar, PSI, Gerindra, dan NasDem, masih sangat kompak dan solid hingga saat ini. Bro Adi juga menyebutkan kemungkinan Partai Gelora akan bergabung dengan mereka. Menurutnya, tidak ada tanda-tanda perpecahan dalam koalisi ini, termasuk di Denpasar.

“Ya saya rasa kita masih solid, KIM Plus, Demokrat, Golkar, PSI, Gerindra, dan ditambah NasDem, saya rasa masih solid lah. Mungkin Gelora juga akan gabung dengan kita. Saya rasa nggak ada sih perpecahan itu, belum ada sih tanda-tanda itu, karena koalisi ini sangat solid, termasuk juga di Denpasar,” pungkas politisi asal Desa Bugbug, Kabupaten Karangasem itu. (wid)