Buleleng, (Metrobali.com) 

 

Tim SAR gabungan berhasil menemukan dan menyelamatkan kapal ikan Lintas Samudra yang mengalami patah as baling-baling di utara Perairan Buleleng. Kapal yang berlayar dari Sapeken menuju Banyuwangi tersebut membawa 7 Penumpang On Board (POB).

Menurut Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Denpasar, I Nyoman Sidakarya, S.H., informasi mengenai insiden patah as baling-baling ini pertama kali diterima pada Sabtu siang (6/7/2024) dari Kades Tanjung Kiok, yang sempat dihubungi oleh kapten kapal.

Kejadian tersebut dilaporkan terjadi sekitar pukul 10.30 WITA. Kantor Pencarian dan Pertolongan Denpasar katanya, segera menggerakkan 6 personel dari Pos Pencarian dan Pertolongan Buleleng, namun upaya pencarian hari pertama belum membuahkan hasil.

Pada hari kedua operasi SAR, tim gabungan memulai pencarian sekitar pukul 06.10 WITA dengan menggunakan RIB (Rigid Inflatable Boat) dari Dermaga Celukan Bawang.

Sekitar dua jam kemudian, KM Lintas Samudra berhasil ditemukan di koordinat 07˚53’54.86” S 114˚54’37.67” E, sekitar 17.8 NM dari Pelabuhan Celukan Bawang.

“Semua POB selamat, dan dua orang dievakuasi ke RIB. Kapal kemudian ditarik oleh KM Kumbang Kurma menuju Banyuwangi,” ujar Sidakarya dalam keterangannya, Minggu 7 Juli 2024.

Pada pukul 11.00 WITA, SRU laut sudah sandar di Pelabuhan Celukan Bawang dan dua orang POB, Ahmad Ramli (44) dan Akias Izakhalul Fikri (9), dijemput oleh keluarga.

Koordinator Pos Pencarian dan Pertolongan Buleleng, Kadek Donny Indrawan, menyatakan bahwa kapal ikan tersebut sudah dalam proses penarikan oleh kapal lain saat tim tiba di lokasi.

“Kami berkoordinasi dengan Pos SAR Banyuwangi untuk memastikan keamanan dan keselamatan kapal menuju Banyuwangi,” jelasnya.

KM Lintas Samudra dan KM Kumbang Kurma tiba di Dermaga Pantai Boom, Banyuwangi, pada pukul 16.00 WITA. Identitas POB lainnya adalah Amarudin (40), Asmuni (51), Saifudin (50), Dahar (52), dan Mahat (51).

Operasi SAR melibatkan berbagai unsur, termasuk Kantor Pencarian dan Pertolongan Denpasar, Pos Pencarian dan Pertolongan Banyuwangi, TNI AL Celukan Bawang, Polair Polda Bali, Polair Polres Buleleng, Bhuana Bali Rescue, dan ABK KM Kumbang Kurma.

(jurnalis :Tri Widiyanti)