Foto: Suasana penuh kebersamaan dalam acara Silatda BPD HIPMI Provinsi Bali di Sekar Jambu, Kesiman, Kota Denpasar pada Jumat, 31 Mei 2024.

Denpasar (Metrobali.com)-

Anggota DPR RI Dapil Bali Gde Sumarjaya Linggih yang akrab disapa Demer dalam kapasitasnya sebagai Ketua Umum BPD HIPMI Bali Periode 2000-2003 menghadiri acara Silatda (Silahturahmi Daerah) Badan Pengurus Daerah (BPD) Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Provinsi Bali Sekar Jambu, Kesiman, Kota Denpasar pada Jumat, 31 Mei 2024. SILATDA ini merupakan rangkaian acara Musyawarah Daerah (Musda) BPD HIPMI Bali yang nantinya juga akan memilih Ketua Umum  BPD HIPMI Bali periode 2024-2028 yang dijadwalkan berlangsung pada tanggal 19 Juni 2024.

Demer yang tampak ngobrol dan berdiskusi hangat dengan para pengurus HIPMI Bali terdahulu dalam acara ini mengatakan bahwa HIPMI Bali merupakan sebuah organisasi yang cukup mumpuni untuk menggodok anak muda lewat slogannya Pengusaha Pejuang dan Pejuang Pengusaha. Artinya semenjak berusia muda idealisme dari dunia usaha bagi anak muda itu mengarah kepada perjuangan, baik itu perjuangan secara pribadi, perjuangan terhadap Bali itu sendiri maupun perjuangan Bangsa Indonesia.

“Ini penting kita tanamkan nilai-nilai dalam melakukan bisnis sehingga saya yang juga sempat menjadi ketua umum HIPMI Bali hadir pada hari ini untuk memberikan semangat bahwa keberadaan HIPMI Bali, keberadaan mereka sebagai anggota HIPMI Bali akan membuat mereka lebih mumpuni, baik dalam berbisnis, baik dalam berorganisasi, maupun dalam berbangsa dan bernegara,” ujar Demer yang bertugas sebagai Anggota Komisi VI DPR RI itu.

Lebih lanjut Anggota Fraksi Golkar DPR RI itu mengatakan, pilar dari kokohnya pertumbuhan di Indonesia yang tentunya berujung pada kesejahteraan Indonesia adalah bagaimana UMKM bisa tumbuh. Jadi melalui HIPMI diharapkan bisa timbul pengusaha-pengusaha baru dan pelaku-pelaku baru. Sementara bagi yang sudan mengembangkan UMKM, Demer berharap mereka bisa meningkat menjadi pengusaha menengah dan bahkan naik kelas menjadi pengusaha nasional.

“Dan harapan saya tentu ada pada teman-teman pengusaha dari Bali ini untuk bisa, kemudian tidak hanya berkiprah di Nasional, tapi di internasional juga,” harap wakil rakyat yang sudah empat periode mengabdi di DPR RI memperjuangkan kepentingan Bali itu.

Selanjutnya Demer yang kembali terpilih di DPR RI untuk kelima kalinya ini memberikan masukan-masukan positif kepada anggota dan pengurus HIPMI Bali. Demer berharap HIPMI Bali kedepan bisa lebih erat lagi dan lebih serius lagi berorganisasi serta menjalin hubungan baik secara pertemanan diantara sesama pengusaha muda Bali maupun dengan pengusaha muda di tingkat nasional dan bahkan di tingkat internasional. Dengan koneksi tersebut maka akan terbangun sinergi karena di dunia dagang biasanya lebih banyak sinerginya ketimbang perang dagangnya.

“Bersama-sama untuk melakukan sinergi, karena di dalam dunia dagang biasanya lebih banyak sinerginya ketimbang perang dagangnya. Itu harapan saya kedepan,” kata politisi Golkar asal Desa Tajun, Kecamatan Kubutambahan, Kabupaten Buleleng itu.

Sementara itu Pengusaha muda Agung Bagus Pratiksa Linggih yang akrab disapa Ajus Linggih yang juga merupakan Bendahara Umum BPD HIPMI Bali periode 2020-2024 dan kini maju sebagai Calon Tunggal Ketua Umum  BPD HIPMI Bali periode 2024-2028 mengatakan Silatda HIPMI Bali ini merupakan wadah untuk seluruh anggota HIPMI Bali untuk bersama-sama berkumpul untuk mengenal Calon Ketua Umum HIPMI Bali yang baru dan nantinya bisa menyongsong kepengurusan yang baru.

 

Dari HIPMI sendiri Ajus Linggih yang juga Calon Anggota DPRD Bali terpilih dari Partai Golkar hasil Pileg 2024 ini berharap pemerintah bisa mendukung pengusaha-pengusaha lokal, terutama UMKM, sehingga perekonomian di Bali jauh lebih solid dan bisa resisten saat menghadapi tantangan-tantangan kedepan.

“Harapannya nanti pemerintah bisa mendukung pengusaha-pengusaha lokal, terutama UMKM, dimana biar kita bisa lebih independen sehingga ekonomi kita jauh lebih solid kalau misalnya kedepannya mungkin ada bencana-bencana ataupun masalah-masalah ekonomi kedepannya akan lebih resisten ekonomi Bali ini,” ujar pengusaha muda sukses dan tokoh muda visioner yang juga terpilih sebagai Anggota DPRD Bali periode 2024-2029 dari Partai Golkar hasil Pileg 2024 ini.

Ketua Umum HIPMI Bali periode 2020-2024, Pande Agus Permana Widura, dalam sambutannya mengatakan bahwa Silaturahmi Daerah (Silatda) HIPMI Bali 2024 merupakan Silatda kegiatan pertama. Tentunya kegiatan ini menjadi ajang bagi semua anggota dan pengurus HIPMI Bali untuk saling mengenal, baik itu kepada seniornya maupun juniornya. Diharapkan kedepan, kegiatan Silatda bisa terus diselenggarakan sehingga seluruh anggota dan pengurus HIPMI Bali bisa saling mengenal satu sama lain.

Dalam kesempatan tersebut, Pande Agus Permana Widura selaku Ketua Umum BPD HIPMI Bali, meminta maaf jika selama kepengurusannya ada kekurangan dan kesalahan, baik disengaja maupun tidak disengaja. Atas nama BPD HIPMI Bali, dia juga meminta kepada para senior di HIPMI Bali untuk selalu menemani dan memberikan bimbingan-bimbingan kepada kepengurusan HIPMI Bali.

Pihaknya yakin bahwa suatu organisasi itu akan bisa langgeng dan berjalan dengan baik kedepannya adalah karena ada roh-roh atau soul yang diberikan oleh senior kepada para anggota dan pengurus HIPMI Bali.

“Saya yakin suatu organisasi itu akan bisa langgeng dan berjalan baik kedepannya adalah karena ada roh-roh ataupun artinya ada soul yang diberikan oleh senior-senior kepada kami,” tegasnya. (wid)