Foto: Ketua DPW PSI Provinsi Bali Bro Nengah Yasa Adi Susanto.

Denpasar (Metrobali.com)-

Partai Solidaritas Indonesia (PSI) menjadi salah satu partai politik yang berhasil lolos sebagai peserta Pemilu 2024. Ini yang kedua kalinya PSI menjadi peserta pemilu. Untuk Pemilu 2024, PSI mendapatkan nomor urut 15 dalam Acara Pengundian dan Penetapan Nomor Urut Parpol Peserta Pemilu 2024, Rabu 14 Desember 2022 di Kantor KPU RI di Jakarta.

Lolosnya kembali PSI sebagai peserta Pemilu 2024 disambut suka cita kader-kader PSI di daerah termasuk di Bali. Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Provinsi Bali Bro Nengah Yasa Adi Susanto mengungkapkan pihaknya sangat bersyukur karena kerja politik selama setahun ini menyiapkan verifikasi administrasi dan faktual membuahkan hasil positif.

“Kami sangat bersukur, seluruh pengurus dan kader PSI di Bali menyambut dengan penuh suka cita lolosnya PSI sebagai peserta Pemilu 2024. Sebelumnya mereka merasa degdegan karena dengan persyaratan verifikasi yang sangat ketat berbeda dengan proses sebelumnya. Tapi kita bisa lalui sehingga dinyatakan oleh KPU PSI lolos verifikasi dan menjadi peserta Pemilu dengan nomor urut 15,” kata Bro Adi, Jumat (16/12/2022).

Bro Adi menambahkan, tahap pertama untuk resmi menjadi peserta Pemilu 2024 telah dilalui tinggal tahap kedua berjuang untuk meraih kursi legislatif di semua tingkatan pada pencoblosan Pemilu 14 Februari 2024.

“Langkah selanjutnya kami merapatkan barisan, memenuhi dapil yang belum terisi dengan caleg-caleg yang punya basis masa yang jelas dan sesuai dengan DNA PSI,” kata politisi PSI asal Desa Bugbug Karangasem itu.

Terkait dengan makna nomor 15 yang didapat PSI sebagai peserta Pemilu 2024, Ketua Umum DPP PSI, Bro Giring Ganesha meyakini nomor urut 15 adalah jalan PSI menuju kemenangan di Pemilu 2024 dan 15 berarti PSI is the Best, PSI yang terbaik. Sementara itu Bro Adi juga punya cara tersendiri untuk mengkampanyekan nomor 15 PSI agar lebih mudah diingat dan familiar di tengah masyarakat serta menguatkan spirit seluruh kader PSI bahwa PSI bisa meraih kemenangan.

“Kalau 15 ada bisa jadi ada huruf I dan S. Kami merangkainya dengan huruf B dan A menjadi B15A. Artinya PSI B15A bisa menjadi pemenang di Pemilu 2024,” ungkap politisi PSI yang juga seorang advokat ini.

Sementara disiunggung soal mundurnya sejumlah kader PSI di DPP PSI dan di DPW PSI Jakarta, Bro Adi menegaskan hal itu tidak berpengaruh besar bagi PSI secara nasional apalagi di Bali. Dia menegaskan PSI Bali sangat solid dan tidak ada masalah sama sekali.

“Dan PSI secara nasinal termasuk di Bali juga tetap komitmen mendukung Ganjar Pranowo sebagai Capres dari PSI pada Pilpres 2024. Jadi tidak ada masalah,” pungkas Bro Adi.

Sebelumnya Ketua Umum DPP PSI, Bro Giring Ganesha, dalam sambutan pada Acara Pengundian dan Penetapan Nomor Urut Parpol Peserta Pemilu 2024, Rabu 14 Desember 2022 mengungkapkan PSI berharap Pemilu 2024 menjadi bagian dari evolusi Indonesia untuk menjadi negara demokrasi yang semakin matang, kuat, sejahtera, dan memberi ruang luas bagi anak-anak muda untuk berekspresi dan bekerja.

“Kita patut bersyukur, sejak 1999, kita menyelenggarakan Pemilu demokratis. Kita diberkahi kebebasan berbicara dan berekspresi. Ini sesuatu yang sangat mahal dan sangat diinginkan jutaan anak muda di bagian dunia lain yang tidak bisa memilih dengan bebas, tidak bisa mengutarakan pendapat dan berekspresi secara wajar,” kata Bro Giring.

Dalam kesempatan itu Bro Giring didampingi Sekjen PSI Sis Dea Tunggaesti, Wakil Ketua Dewan Pembina PSI Sis Grace Natalie serta sejumlah pengurus.

Lebih lanjut Giring dalam sambutannya mengungkapkan, konon pemilu adalah kesempatan bagi semua rakyat untuk melakukan hal-hal luar biasa. “Lima pemilu sebelumnya kita sudah membuktikan bahwa kita telah melakukan hal-hal luar biasa yang membawa kita pada titik kemajuan seperti sekarang,” lanjut Giring.

Pemilu demokratis ke-enam sejak era reformasi yang akan digelar pada 2024, akan membuktikan bahwa Indonesia bisa dan akan melanjutkan hal-hal yang luar biasa. “Kita akan membuktikan bahwa kompetisi politik tidak menghalangi niat baik untuk membangun negeri ini secara bersama-sama dalam kebaikan,” kata Giring.

Giring mengajak semua elemen bangsa untuk membuktikan bahwa Indonesia hebat, bisa menggelar Pemilu demokratis, tanpa ujaran kebencian, tanpa hoaks.

PSI meyakini Pemilu 2024 akan menjadi awal kolaborasi untuk melanjutkan kemajuan yang sudah dicapai oleh kerja-kerja yang dilakukan Presiden Joko Widodo.

“Saya mendedikasikan momen ini kepada para pengurus DPW, DPD, DPC PSI di seluruh Indonesia, yang merupakan para pejuang verifikasi. Terima kasih atas seluruh perjuangan Bro dan Sis,” ujar Giring.

Ia memungkasi dengan ajakan berkompetisi dengan baik, dengan niat tulus untuk memajukan negeri tercinta. “Semoga Tuhan selalu menyertai bangsa ini,” pungkas Giring.

“Mana Solidaritasmu,” teriak Giring. “Aku PSI,” teriak pengurus PSI menimpali. (wid)