Mangupura (Metrobali.com)-

Koperasi  Pegawai Bina Sejahtera berhasil mendapatkan Sisa Hasil Usaha (SHU)  Tahun buku 2011  sebesar Rp. 527.233.185,-, yang terdiri SHU Unit Simpan Pinjam sebesar Rp. 216.604.779,- dan SHU Unit Toko sebesar Rp. 302.806.430,-. Hal tersebut disampaikan Ketua Koperasi Pegawai Bina Sejahtera I Nyoman Predangga dalam acara Rapat Anggota Tahunan Koperasi Tahun Buku 2011, bertempat di Ruang Kertha Gosana Pusat Pemerintahan Kabupaten Badung Mangupraja Mandala, Kamis (8/3).

Hadir pada kesempatan tersebut Wakil Bupati Badung I Ketut Sudikerta, Sekda Badung Kompyang R. Swandika, para Kepala SKPD di lingkungan Pemda Badung, para pengawas dan pengurus  Koperasi Pegawai Bina Sejahtera serta perwakilan anggota Koperasi Pegawai Bina Sejahtera Kabupaten Badung. Nyoman Predangga  menambahkan bahwa jumlah anggota Koperasi Pegawai Bina Sejahtera per 31 Desember 2011 sebanyak 5.295 orang.

Koperasi Pegawai Bina Sejahtera Kantor Bupati Badung juga memiliki 2 jenis unit usaha yang terdiri dari Unit Usaha Simpan Pinjam dan Unit Usaha Toko. Pada Unit Simpan Pinjam  pada tahun 2011 telah mengalami peningkatan jumlah tabungan sebesar 8,46 persen ,peningkatan pinjaman sebesar 11,46 persen dan peningkatan SHU sebesar 2,05 persen ,sedangkan Unit Toko  juga mengalami peningkatan pada omzet penjualan sebesar 16,02 persen dan peningkatan SHU sebesar 7,98 persen. Lanjut disampaikan pula bahwa perhitungan potongan dan jasa SHU yang diterima setiap anggota dari operasional hasil usaha Koperasi tahun buku 2011 dilihat dari besar kecilnya jumlah simpanan baik itu simpanan pokok, simpanan wajib,maupun simpanan sukarela, dan belanja masing -masing anggota Koperasi.

Wakil Bupati Badung I Ketut Sudikerta dalam sambutannya  menyampaikan bahwa koperasi sebagai gerakan ekonomi rakyat diharapkan mampu berperan untuk mewujudkan masyarakat maju,adil dan makmur, sehingga tujuan koperasi untuk menyejahterakan anggota dan masyarakat  bisa diwujudkan yang nantinya mampu untuk membangun dan mengembangkan ekonomi anggota serta meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat.

Wabup  Sudikerta juga memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada para pengurus, pengawas, pengelola dan seluruh anggota koperasi karena mampu melaksanakan RAT tepat waktu yang merupakan salah satu kewajiban pengurus dan juga merupakan salah satu ciri manajemen organisasi koperasi sehat.

“ Dengan jumlah anggota 5.295 orang merupakan potensi yang sangat besar untuk mengembangkan koperasi ini menjadi koperasi yang maju dan berkualitas” katanya.

Dan kepada pengawas wabup Sudikerta berpesan agar terus melaksanakan pengawasan internal terhadap pengurus dan karyawan dalam pengelolaan organisasi koperasi , usaha koperasi dan keuangan koperasi dengan asset Rp. 27,3 milyard, sehingga tidak terjadi hal – hal  yang menyimpang dari prinsip dasar perkoperasian.

Pada kesempatan itu pula dipilih pengawas dan pengurus baru Koperasi Pegawai Bina Sejahtera Kantor Bupati Badung periode  tahun 2012 sampai tahun 2014 yaitu Wisnu Bawa Temaja sebagai Ketua Pengawas dengan anggota I Ketut Karpiana dan I Gede Oka Sukadana sedangkan Pengurus Koperasi  Pegawai Bina Sejahtera yaitu Ketua  IBA.Yoga Segara, Wakil Ketua I Made Sutama, Sekretaris I Made Witna dan Bendahara I Ketut Gede Suyasa. MB1