Karangasem, (Metrobali.com)

Empat Desa di Kabupaten Karangasem mulai mencairkan bantuan langsung tunai (BLT) yang bersumber dari dana desa kepada warga yang terdampak merebaknya Covid-19.

Keempat Desa yang sudah mencairkan BLT tersebut diantaranya adalah Desa Amerta Bhuana, Desa Dukuh, Desa Purwekerti dan Desa Budakeling.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, I Nengah Mindra membenarkan prihal pencairan BLT yabg bersumber dari Dana Desa tersebur saat ditemui media ini pada Senin (05/05/2020).

“Ya baru 4 Desa dari 75 Desa yang ada di Kabupaten Karangasem mencairkan BLT, sisanya masih dalam tahap perifikasi,” jelas Mindra.

Lebih lanjut, ia juga menjelaskan bahwa yang berhak menerima bantuan sebesar Rp. 600 ribu perbulan selama tiga bulan tersebut adalah warga yang terdampak merebaknya Covid-19 yang belum pernah tersentuh bantuan apapun sebelumnya seperti PKH, Kartu Prakerja dan yang lainnya.

Tidak hanya itu, untuk memastikan tepat sasaran, pendataan juga dilakukan melalui relawan Desa dimna nantinya akan diputuskan melalui musdes khusus.

Untuk seberapa banyak warga penerima bantuan di masing – masing desa, menurut Mindra semua berbeda ditentukan oleh Pagu anggran disetiap Desa.

Apabila Desa yang mempunyai dana desa sampai Rp. 800 juta maka bisa digunakan sebesar 25 persen untuk BLT. Desa yang mempunyai anggran diatas Rp. 800 juta sampai Rp. 1,2 Miliar bisa menggunakan sebesar 30 persen dan Dana Desa diatas Rp. 1,2 Miliar bisa mengalokasikan sebesar 35 persen. (Sua)