Ilustrasi . (ist)

Karangasem, (Metrobali.com) –

Awalnya hanya dihidangkan untuk keluarga, Jamu Kunyit buatan salah seorang warga Desa Sibetan, Bebandem, Karangasem kini banyak diminati lantaran dipercaya memiliki khasiat meningkatkan imunutas tubuh.

Menurut pembuat jamu, Ni Luh Astiani warga Banjar Pengawan, Sibetam, ia mulai mendapat pesanan sejak beberapa minggu lalu setelah beberapa orang teman suaminya bertamau dan memcoba rasa jamu tersebut.

Saat itu, beberapa ada yang minta lagi dibuatkan jamu untuk dibawa pulang, sampai akhirnya menyebar dan mendapat pesanan meski jumlahnya masih skala rumahan.

“Awalnya jamu kunyit ini saya rutin buatkan hanya untuk dihidangkan kepada keluarga atau saat ada tamu yang datang berkunjung kerumah,” ujar Astiani.

Jamu Kunyit ini dibuat dari bahan dasar alami seperti biang kunir, temu lawak, jahe, gula aren, garam, asem jawa, daun pandan dan jeruk nipis tanpa bahan pengawet. Setiap botol jamu dijualnya dengan harga Rp. 5 ribu sampai Rp. 10 ribu perbotolnya.

Menurut salah satu pelanggannya, I Wayan Putu. Setelah mengkonsumsi jamu tersebut ia mengaku badannya terasa segar dan hangat, bahkan ia meyakini khasiat jamu kunyit itu bisa meningkatkan imunitas tubuh ditengah merebaknya virus Corona.

“Setelah minum jamu ini, badan terasa sehat juga menghangatkan tubuh dan dipercaya menambah imunitas tubuh,” kata Wayan Putu.

Pewarta : Suartawan
Editor : Whraspati Radha