Bupati Karangasem, I Gusti Ayu Mas Sumatri melepas 34 orang PMI asal Karangasem,  Kamis (30/04/2020).

KARANGASEM, (Metrobali.com) –

34 orang PMI asal Karangasem yang menjalani karantina selama 14 hari di Hotel Puri Bagus Candidasa, Desa Bugbug, Kecamatan Karangasem akhirnya diijinkan pulang pada Kamis (30/04/2020).

Para PMI inu dipulangkan setelah hasil rapid tes keduanya dinyatakan negative selama menjalani masa karantina. Pemulangan PMI ini dilepas langsung oleh Bupati Karangasem, I Gusti Ayu Mas Sumatri yang juga selaku Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Karangasem beserta Forkopimda Karangasem.

“Kita sudah lakukan rapid test terhadap 34 PMI yang di karantina di Hotel Puri Bagus, hasilnya seluruhnya negatif. Mereka dinyatakan sehat, dari test tidak terdeteksi antibodi yang menunjukkan virus corona,” jelas Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Karangasem, I Gusti Bagus Putra Pertama.

Atas selesainya karantina PMI Karangasem gelombamg kedua ini, Bupati Karangasem Mas Sumatri memberikan apresiasinya. Menurutnya PMI Karangasem mampu melaksanakan prosedur karantina dengan baik dan disiplin.

“Pelaksanaan karantina selama 14 hari ini tentu tidak mudah. Selain diawasi dan wajib mengikuti prosedur penanganan COVID-19. Pada awal Karantina Pemkab Karangasem juga sempat kesulitan mencari hotel sebagai rumah singgah PMI. Namun syukur atas bantuan semua pihak, semua sudah teratasi. Bahkan Pemkab sudah menyiapkan SKB Jasri untuk menampung kepulangan PMI asal Karangasem,” kata Bupati Mas Sumatri.

Ia juga berharap, setelah pulang para PMI inu agar tetap menerapkan prosedur pencegahan Corona, diantaranya melapor ke pada satgas desa masing-masing, melaksanakan karantina mandiri dengan penuh disiplin, menerapkan physical distancing , memakai masker apabila keluar rumah serta rajin mencuci tangan.

“Kita berharap PMI yang sudah selesai karantina ini, ketika kembali kemasyarakat membantu pemerintah daerah mengedukasi masyarakat sekaligus mensosialisasikan langkah -langkah pencegahan corona,” ujarnya sembari memberikan vitamin kepada PMI yang akan pulang kerumahnya masing – masing.

Pewarta : Suartawan
Editor : Whraspati Radha