KARANGASEM, (Metrobali.com) –

Pasca dimulainya sensus penduduk online di Kabupaten Karangasem pada tanggal 15 February 2020 lalu, tingkat partisipasi warga masyarakat masih tergolong rendah.

Pasalnya hingga hari ini Senin, (24/02/2020) tingkat partisipasi warga Karangasem baru sebanyak 3 ribu keluarga yang melaksanakan sensus online, jumlah tersebut masih terbilang rendah dengan target nasional sebanyak 23 persen.

“Respon sampe hari ini pukul 14.00 wita yang mengisi sensus online sekitar 3 ribu keluarga atau 11 ribu penduduk Karangasem, dengan jumlah ini bisa dikatakan tingkat partisipasi masih rendah,” jelas Dewa Ngakan Putu Mega Artika sakah seorang anggota tim sekretariat SP 2020 badan pusat statistik Kabupaten Karangasem, dikonfirmasi Senin (24/02/2020).

Menurutnya ada sejumlah faktor yang berpengaruh terhadap jumlah partisipasi masyarakat untuk mengikuti sensus online ini seperti kendala jaringan internet dan masih dalam suasana kesibukan hari raya Galungan dan Kuningan terlebih mendekati hari raya Nyepi.

Meski demikian, hingga tanggal akhir pengisian sesus online ini yaitu pada tanggal 31 Maret 2020 mendatang pihaknya optimis, target akan bisa terkejar karena rentan waktu yang ada masih cukup lama yaitu sekitar satu bulanan kedepan.

 

Editor : Whraspati Radha