Patung tugu pahlawan I Gusti Ketut Jelantik selesai diperbaiki.

KARANGASEM, (Metrobali.com) –

 

Sempat diwarnai sejumlah aksi pemuda seperti orasi dan berbagai kegiatan, akhirnya patung tugu pahlawan I Gusti Ketut Jelantik selesai diperbaiki.

Sebelumnya patung pahlawan Gusti Ketut Jelantik rusak akibat guncangan gempa lombok, organisasi kepemudaan terus menyurakan perbaikannya bahkan sempat datang bersama keluarga pahlawan ke gedung DPRD Karangasem bertemu dengan Ketua DPRD menyurakan agar perbaikan patung bisa segera dilakukan.

Hingga akhirnya pada anggaran perubahan tahun 2019 perbaikan patung pahlawan mendapatkan anggran sebesar Rp. 200 juta.

Perbaikan dilakukan sekitar dua bulan lamanya dengan sejumlah penyempurnaan seperti penambahan rangka besi dibagian dalamnya untuk meperkokoh patung yang terbuat dari perunggu tersebut.

Kepada awak media, Kabid Pertamanan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Karangasem, I Wayan Tahun menjelaskan proses restorasi patung pahlawan tersebut dikerjakan diwilayah Jogja oleh seniman asal Tumbu, Karangasem bernama I Nyoman Labda Susinta.

“Perbaikannya dikerjakan di Jogja karena keterbatasan ala, di Bali belum ada peralatan untuk membuat patung perunggu,” kata Kabid Pertamanan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Karangasem, I Wayan Tahun.

Terkait dengan proses restorasi patung tersebut, menurut Nyoman Labda Susinta selaku seniman yang mengerjakan langsung patung tersebut mengungkapkan sejumlah kendala yang dialami.

Kendalanya, dalam proses restorasi tersebut adalah tidak adanya foto atau dokumen patung pada saat masih berdiri yang bisa dijadikan referensi.

“Untuk restorasi patung sekitar 30 persenan, patung kali ini didisain agar lebih kuat dan kokoh dengan ditambahkan rangka didalamnya sehingga tidak mudah rusak,” ungkapnya.

Pewarta : Suartawan
Editor : Whraspati Radha