Traveling, layaknya aktivitas lainnya, tidak terlepas dari masalah. Baik itu traveling di luar negeri maupun di dalam negeri. Masalah yang ditemui para traveler pun cukup beragam, salah satunya adalah masalah keamanan. Namun Anda tidak perlu khawatir karena hal itu masih bisa dicegah dengan memanfaatkan smartphone Anda. Bagi Anda yang berencana untuk traveling, berikut ini beberapa aplikasi keamanan yang wajib dimiliki.
1. bSafe
bSafe adalah aplikasi keamanan pribadi yang memiliki beragam kegunaan. Apabila Anda sedang berada dalam situasi yang menurut Anda dapat mengancam keselamatan, Anda dapat menyalakan fitur alarm bersuara nyaring. Aplikasi ini juga langsung menyiarkan gambar yang diambil oleh kamera ponsel Anda. Anda juga bisa menyalakan fitur check-in untuk mengabarkan kepada teman-teman Anda bahwa Anda telah sampai ke tujuan dengan selamat.
Fitur ini bisa diaktifkan secara manual, maupun dengan timer. Misalkan Anda mengatur timer selama 30 menit, maka apabila dalam 30 menit Anda belum check-in, aplikasi ini akan langsung mengabarkan kontak darurat Anda. Untuk itu jangan lupa untuk meminta kontak darurat Anda untuk mengunduh aplikasi ini.
2. Life360 Family Locator
Aplikasi ini sangat berguna untuk memantau posisi lebih dari satu orang. Jadi aplikasi ini sangat berguna bagi Anda yang berlibur bersama keluarga atau teman-teman. Dengan aplikasi ini, Anda dapat melihat apakah keluarga Anda berada di lokasi yang seharusnya. Misalnya apabila anggota keluarga Anda telah sampai ke hotel, aplikasi ini akan langsung mengirimkan pesan bahwa ia telah sampai dengan selamat. Namun
3. Safetipin
Aplikasi ini merupakan salah satu aplikasi keamanan terbaik. Aplikasi yang memanfaatkan fitur GPS ponsel ini dapat mengabarkan kontak darurat Anda hanya dalam satu sentuhan. Berkat adanya GPS, aplikasi ini juga akan langsung menandai lokasi terakhir Anda. Safetipin juga dapat memberikan Anda informasi tentang tempat-tempat yang aman dikunjungi berdasarkan masukan para pengguna. Jadi, Anda juga bisa saling berbagi informasi mengenai tempat-tempat yang patut diwaspadai kepada sesama traveler.
4. SafeTrek
Bagi Anda yang berencana traveling ke Amerika Serikat, maka aplikasi ini juga wajib untuk dimiliki. Cara menggunakan aplikasi ini pun sangat sederhana. Ketika Anda menghadapi situasi yang belum jelas berbahaya atau tidak, aktifkan aplikasi ini sambil terus menekan keamanan. Lakukan hal ini hingga keadaan benar-benar aman.
Apabila sewaktu-waktu Anda melepaskan tangan dari smartphone, aplikasi ini akan langsung meminta nomor PIN untuk mematikan alarm. Apabila Anda tidak memasukan kode unik, aplikasi ini akan langsung mengabarkan kepolisian setempat untuk datang ke lokasi Anda yang sudah ditandai dengan GPS.
5. Sitata
Aplikasi ini akan memberikan Anda informasi keselamatan yang sangat berharga. Dengan menggunakan Citata, Anda dapat terhindar dari kejahatan yang sering menimpa para traveler, menemukan rumah sakit terdekat, dan menerima notifikasi apabila ada yang perlu diwaspadai. Aplikasi ini juga bisa melacak keberadaan Anda dengan menggunakan GPS sehingga bisa memberikan informasi keamanan berdasarkan lokasi secara real-time.
Selain menggunakan 5 aplikasi di atas, tentu saja Anda perlu untuk menggunakan berbagai gadget lain yang bisa membuat traveling Anda semakin aman seperti bluetooth tracker, dompet anti RFID, dan strap anti maling. Jadi akan traveling ke mana tahun ini? Bangkok, Rajasthan, New York, Beijing, atau Tokyo? Tidak perlu risau soal harga karena saat ini, cari tiket pesawat murah semakin mudah dengan menggunakan berbagai aplikasi ticketing yang bisa diunduh secara gratis di smartphone Anda. Tiket dan keamanan terjaga, traveling pun jadi nyaman.
Editor : Whraspati Radha