tidur nyenyakJakarta(Metrobali.com) –

 

Pernah mendengar kalau tidur paling ideal adalah delapan jam dalam sehari? Ungkapan tersebut bukan berarti tanpa alasan karena kurang tidur dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan.

Idealnya, orang dewasa yang sehat membutuhkan tujuh hingga delapan jam tidur per malam. Secara harfiah tidur yang cukup menguntungkan dalam semua aspek kehidupan mulai dari pencegahan penyakit hingga bisa membuat Anda lebih bahagia. Saat tidur cukup, banyak keuntungan bagi tubuh yang akan didapat. Apa saja? Ini lima cara tubuh berterimakasih pada Anda ketika memberikannya waktu tidur hingga delapan jam setiap malam.

1. Lebih Belajar Banyak Hal

Kurang tidur menyebabkan kelelahan pada siang hari yang membuatnya sulit untuk konsentrasi pada keterampilan baru. Para ilmuwan mengungkapkan otak memproses informasi baru saat tidur. Ini berarti ketika bangun di pagi hari, Anda dmemiliki pemahaman dan kemampuan kognitif yang lebih baik.
“Tidak peduli apapun yang Anda pelajari, tidur akan membantu Anda mencapai tujuan lebih cepat,” kata Dr. Rapoport kepada Health.

2. Merasa Lebih Bahagia
Ketika lelah sering kali menjadi pemarah. Tugas-tugas kecil menjadi lebih sulit dan cepat membuat frustasi. Hal tersebut menyebabkan Anda sering emosi dan mudah marah.
“Jika tidur lebih baik, Anda pasti bisa hidup lebih baik. Hal ini sangat jelas,” ungkap Raymonde Jean, MD, direktur asosiasi perawatan kritis di rumah sakit St. Luke’s-Roosevelt

3. Bisa Mengontrol Nafsu Makan

Ternyata tidur delapan jam membuat Anda lebih mudah untuk mengatur selera makan dan berat badan. Ketika tidur, tubuh mampu menghasilkan jumlah yang tepat dari leptin, hormon yang memungkinkan otak memberi tahu sinyal sudah waktunya untuk berhenti makan. Tidak cukup tidur menyebabkan sulitnya mengatur kadar hormon dan ketidakseimbangan yang mengarah ke nafsu pada makanan.  “Ketika Anda mengantuk, hormon tertentu naik dalam darah , dan hormon-hormon yang sama mendorong nafsu makan,” kata Dr. Rapoport.

4. Hidup Lebih Lama
Cukup tidur membuat jantung lebih sehat dan otak Anda lebih bahagia, sehingga akan membantu meningkatkan harapan hidup. Sebuah studi yang diterbitkan oleh Sleep melaporkan bahwa individu yang tidur kurang dari enam jam per malam 12 persen lebih mungkin untuk mengalami kematian dini. Namun jangan pula tidur terlalu lama. Studi yang sama melaporkan, mereka yang tidur terlalu banyak atau lebih dari delapan sampai sepuluh jam per malam, 30 persen mengalami peningkatan risiko kematian dini.

5. Kulit Sehat

Selain memiliki jantung yang lebih sehat dan mengurangi diabetes, tidur cukup juga membuat Anda terlihat lebih muda. Tidur memberi waktu bagi tubuh untuk meremajakan kulit. Sebuah laporan dari Clinical and Experimental Dermatology menemukan, tidur yang cukup dan berkualitas dapat membantu memperbaiki kondisi kulit yang rusak karena terkena sinar ultraviolet. Sumber : Wolipop