????????????????????????????????????

Wakil Bupati Badung Ketut Suiasa dan Plt. Wayan Suambara saat membuka Forum Perangkat Daerah Tahun 2017 di Ruang Kriya Gosana Pusat Pemerintah Kabupaten Badung, Rabu (15/3).
Mangupura (Metrobali.com)-
 
              Tujuan dari pelaksanaan Forum Perangkat Daerah adalah untuk menyelaraskan usulan hasil Musrenbang RKPD Kabupaten di Kecamatan dengan rancangan awal Renja (Rencana Kerja) Perangkat Daerah. “Selain itu juga merupakan upaya penyelarasan  program dan kegiatan untuk mempertajam indikator arah pembangunan daerah dengan mengacu pada tema dan prioritas Pembangunan Daerah Kabupaten Badung Tahun 2018 yakni Meningkatkan Mutu Pelayanan Dasar dan Tata Kelola Pemerintah Serta Optimalisasi Pengelolaan Potensi Daerah Berbasis Teknologi Dalam Rangka Mewujudkan Kemandirian Masyarakat,” Demikian terungkap saat Plt. Kepala Bappeda Kabupaten Badung saat memimpin pembukaan Forum Perangkat Daerah Tahun 2017 di Ruang Kriya Gosana Pusat Pemerintah Kabupaten Badung, Rabu (15/3). Hadir dalam kesempatan tersebut Wakil Bupati Badung Ketut Suiasa, Kepala Perangkat Daerah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Badung dan Camat se-kabupaten Badung.
              Lebih lanjut Suambara menyampaikan keberhasilan dalam proses pembangunan daerah sangat ditentukan oleh kemampuan untuk mewujudkan kinerja pembangunan daerah yang diawali dengan proses perencanaan dan pengangaran daerah. “Penyusunan rencana program ini harus mampu merespon semua kebutuhan masyarakat sehingga dapat mewujudkan desa mandiri,” tegasnya.
              Sementara itu Wakil Bupati Badung, Ketut Suiasa dalam arahan direktifnya menyampaikan bahwa arah dan kebijakan dari Pembangunan Daerah Kabupaten Badung 2018 adalah melalui tata kelola pemerintahan dengan mengoptimalkan potensi daerah melalui 6 urusan wajib pelayanan dasar yang terdiri dari pendidikan; kesehatan; pekerjaan umum dan penataan ruang; perumahan rakyat dan pemukiman; trantib dan Linmas; serta sosial sebagai penjabaran dari 5 bidang Pola Pembangunan Nasional Semesta Berencana (PPNSB) sehingga dapat terwujud kemandirian masyarakat. “Untuk menyusun program atau kegiatan tahun 2018 agar pimpinan perangkat daerah memperhatikan prinsip dasar pembangunan daerah yang tercermin dalam PPNSB mengacu pada tema dan prioritas pembangunan daerah Kabupaten Badung Tahun 2018,”pungkasnya.
            Dalam Forum Perangkat Daerah juga diisi dengan pemaparan dari Kadis Koperasi, UKM dan Perdagangan Kabupaten Badung Ketut Karpiana dengan tema Strategi Pengembangan Potensi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah Dalam Rangka Mewujudkan Wirausahawan Desa (Village Entrepreneur) Menuju Masyarakat Mandiri. Sedangkan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Putu Gede Sridana memaparkan tentang Intervensi Pemerintah Kabupaten Badung Dalam Rangka Pemberdayaan Masyarakat Menuju Desa Mandiri. RED-MB