gopego_ps4_960x540Kabar baik bagi Anda pengguna komputer desktop; jika selama ini Anda sering berebut televisi dengan keluarga antara keperluan bermain PS4 atau mengikuti episode terbaru dari sinetron favorit orang tua atau istri Anda, dalam waktu dekat masalah tersebut tidak akan lagi perlu terjadi. Sony baru saja mengkonfirmasi bahwa mereka tengah mengembangkan aplikasi Remote Play untuk pengguna Windows & Mac guna memungkinkan mereka memainkan game PS4 di komputer desktop masing-masing.

Perlu dicatat bahwa ini bukan berarti bahwa Anda bisa memasukkan DVD Blu-Ray game PS4 di CD-ROM Anda dan memainkannya seperti biasa lewat aplikasi Remote Play. Aplikasi ini lebih berfungsi sebagai media streaming dari PS4 ke komputer desktop pengguna; mirip seperti yang dihadirkan oleh Microsoft untuk memungkinkan pengguna Xbox One untuk memainkan game di komputer Windows 10.

Sony juga bukan satu-satunya pihak yang ingin menghadirkan kemampuan Remote Play untuk pengguna komputer desktop, mengingat sebelumnya developer independen Twisted juga sempat mengumumkan bahwa mereka tengah menyiapkan aplikasi serupa (*yang tak resmi) untuk para pengguna PC. Twisted bahkan sudah merilis sebuah aplikasi versi alpha yang dibanderol seharga $10, dan aplikasi tersebut telah memiliki dukungan untuk streaming dengan tingkat resolusi 720p @60fps.

Masih belum jelas apakah kepastian dari Sony ini nantinya bakal mengharuskan Twisted untuk mematikan aplikasinya, atau apakah aplikasi resmi buatan mereka bakal lebih canggih daripada yang dikembangkan oleh Twisted. Yang jelas kini Anda tak perlu pusing untuk menyisihkan uang guna membeli televisi baru agar keluarga Anda bisa tetap menonton acara favorit dengan damai, sementara Anda bisa mengurung diri di kamar sambil menamatkan Fallout 4. (magz.gopego.com)