Denpasar (Metrobali.com)-

Pemerintah Kota Denpasar melalui Badan Keluarga Berencana dan Pemberdayan Perempuan (KB dan PP) terus gencar mensosialisasikan berbagai program KB dengan menyasar langsung ke banjar banjar agar masyarakat mengerti akan pentingnya KB untuk mewujudkan keluarga kecil yang sejahtera dan bahagia. Untuk mendukung terwujudnya program-program tersebu Badan KB dan PP Kota Denpasar telah memberikan pelayanan KB geratis terutama bagi pasangan usia subur seperti yang dilaksanakan dihalaman Kantor KB Selasa (23/8). Demikian disampaikan Kabid Pergerakan Masa IB Geriyasa disela-sela pelaksanaan pelayanan KB gratis tersebut.

 Lebih lanjut Geriyasa menambahkan untuk tahun 2011 target peserta KB aktif yang ditetapkan mencapai 11.543 peserta. Target capaian ini mengalami peningkatan di bandingkan tahun 2010 yang menargetkan 10 ribu peserta. “Kita optimis capaian peserta KB aktif yang di tentukan Provinsi Bali tahun 2011 untuk Kota Denpasar akan dapat tercapai sesuai dengan harapan,” ujar Geriyasa. Hal ini mengingat gencarnya sosialisasi dan penyuluhan yang dilakukan Badan KB dan PP Kota Denpasar disamping juga melakukan berbagai inovasi dengan menggandeng instansi terkait untuk turut mensosialisasikan program KB tersebut. Bahkan dalam memberikan pelayanan KB geratis juga telah bekerjasama dengan instansi terkait seperti pelayaan KB geratis yang dilaksanakan ini melibatkan BKKBN Provinsi Bali, RSU Sanglah, PKM (Pengguna Kotrsepsi Mantap Indonesia) daerah Bali dan TNI. Lebih lanjut IB Geriyasa menambahkan pemberian pelayanan KB geratis yang dilakukan merupakan program kegiatan yang telah dilaksanakan ketiga kalinya ditahun 2011 ini. Menurut rencana pemberian pelayanan KB geratis masih menyisakan 2 pelayanan KB gratis yang direncanakan. Bahkan untuk peserta KB pria pada bulan Juli tahun 2011 telah mencapai target yang ditetapkan sebanyak 20 peserta. “Kita harapkan para peserta KB pria terus meningkat karena semakin meningkatnya kesadaran masyarakat akan pentingnya ber-KB,” ujar Geriyasa. Untuk pelayanan KB geratis yang dilaksanakan beberapa hari lalu peserta Pasektomi (pria) mencapai 7 orang peserta, peserta ayudi 22 orang dan peserta implant 24 orang. Untuk pelayanan KB kali ini pihaknya mengaku melaksankan pelayanan KB ayudi dan implant.

Salah seorang peserta implan Putu Sukrani mengaku pelaksanaan KB gratis sangat bagus untuk membantu program pemerintah yaitu mengendalikan pertumbuhan penduduk. Dalam kesempatan tersebut Sukrani mengharapkan pelayanan KB gratis agar terus dilaksankan untuk membantu masyarakat yang kurang mampu khususnya. (Gst_Humas)