Toba, (Metrobali.com)-

Sebanyak sembilan anak Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH) Kabupaten Toba, Sumatera Utara lulus Seleksi Nasional (Selnas) Perguruan Tinggi Keagamaan Kristen Negeri (PTKKN) Tahun 2021 melalui jalur portofolio (prestasi akademik dan non akademik).

Seluruhnya dinyatakan lulus setelah mengikuti Gerakan Beta (Ayo) Kuliah yang merupakan kerja sama SDM PKH Toba, Dinas Sosial Kabupaten Toba, dengan Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Tarutung pada Bulan April lalu.

“Hal ini membuktikan bahwa anak-anak KPM PKH Toba telah memiliki prestasi secara akademik dan non akademik, baik yang dibuktikan dengan sertifikat dan bukti lain, yang dianggap memiliki nilai tambah (portofolio) dalam seleksi ini,” ujar Koordinator PKH Kab. Toba, Rammen Andino Sinaga.

Sembilan anak KPM tersebut masing-masing berasal dari Kecamatan Balige yaitu Tanica Simatupang dan Christofel Ronny Tambunan yang diterima pada Jurusan Manajemen Pendidikan Kristen dengan jalur KIP. Kemudian, dari Kecamatan Bonatua yaitu Lunasi Tiur Lasmaria Butar-Butar dan Dahlia J. Butar-Butar yang diterima pada Jurusan Pendidikan Agama Kristen dengan jalur Non KIP.

Lebih lanjut, dari Kecamatan Habinsaran yaitu Erwin D. Pardosi, Bakti Pane, dan Justika E. Lubis pada Jurusan Pariwisata Kebudayaan; Rinaldy Pane pada Jurusan Pendidikan Musi Gereja, serta Hotmaria Panjaitan pada Jurusan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dengan jalur KIP.

Mengetahui sembilan anak KPM PKH di daerahnya lulus jalur Selnas PTKKN Tahun 2021 di IAKN Tarutung, Kepala Dinas Sosial Toba, Sumatera Utara Rajaipan O. Sinurat, mengucapkan selamat dan berterimakasih kepada pihak IAKN Tarutung atas kerja sama dalam Gerakan Beta Kuliah Tahun 2021.

Ia berharap semakin banyak anak-anak KPM PKH Toba yang melanjutkan pendidikan ke tingkat Perguruan Tinggi. “Semoga kegiatan ini dapat berlanjut sampai tahun depan. Saya juga berpesan kepada seluruh SDM PKH Toba agar tetap melakukan follow up terhadap anak-anak KPM PKH yang akan mengikuti jalur seleksi yang tersedia,” pesannya dengan nada serius.

Baca Juga :
Pasien sembuh COVID-19 bertambah 3.856 orang dengan 3.509 kasus baru

Sementara itu, Rinaldy Pane dan Tanica Simatupang, mewakili peserta Gerakan Beta Kuliah yang dihubungi melalui pesan singkat mengucapkan terima kasih atas bimbimban dari SDM PKH Toba.

“Terima kasih banyak atas bimbingan pendamping PKH yang membantu mengantarkan kami lulus seleksi nasional sehingga bisa melanjutkan pendidikan di IAKN Tarutung,” tuturnya.

Editor : Mahatma Tantra