Denpasar (Metrobali.com)-

Sebanyak 68 orang warga Jalan Bukit Indah, Kebo Iwa, Denpasar, mengungsi ke lokasi yang aman karena rumah mereka terendam air banjir dengan ketinggian 1,5 meter, Minggu.”Akibat rumah yang dihuni oleh 15 kepala keluarga tersebut direndam banjir dengan ketinggian air yang dalam membuat mereka harus mengungsi ke rumah tetangga atau lokasi pengungsian,” kata Kepala UPT pusat pengendalian operasi penanggulangan bencana (Pusdalop PB) Provinsi Bali, Putu Anom Agustina, di Denpasar.

Dia mengatakan, warga yang mengungsi sebanyak 38 orang di antaranya ditampung di Balai Banjar Pagutan. Mereka terdiri dari, 29 orang dewasa, dua bayi, dua orang lanjut usia dan dua anak-anak.

Sedangkan sisanya sebanyak 30 orang, tambah Anom, untuk sementara waktu menetap di rumah-rumah warga lainnya yang tidak terendam oleh air banjir.

“Penyebab banjir yang melanda kawasan pemumikan warga di ibu kota Provinsi Bali tersebut karena hujan yang terus menerus selama seharian mengguyur wilayah itu,” ujarnya.

Banjir di Bali

Hujan deras disertai angin kencang yang mengguyur Pulau Bali sejak pagi hingga malam mengakibatkan banjir di beberapa wilayah seperti di Banjar Pagutan, Jalan Gatot Subroto Barat, Denpasar.

Kepala Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) Penanggulangan Bencana Bali Putu Anom Agustina, Minggu mengatakan, derasnya hujan sejak pagi hingga sore itu membuat beberapa rumah terendam banjir.

“Karena hujan yang terus menerus seharian, membuat jalanan jebol di ruas Jalan Gatot Subroto hingga merendam beberapa rumah,” jelasnya.

Selain itu, di Jalan Bukit Indah dan Jalan Kebo Iwa juga terjadi banjir dan merendam dua rumah kos dan satu rumah.

Sekitar 15 Kepala Keluarga (KK) yang diantaranya adalah anak-anak, dewasa dan lansia telah dievakuasi oleh camat setempat ke Banjar Pagutan Padangsambian Kaja, Jalan Gatsu Barat, Denpasar. Banjir terparah di lokasi tersebut pun telah mencapai ketinggian air 1,5 meter.

Baca Juga :
Rai Mantra : Masa Balita Adalah Masa Emas Yang Harus Dipenuhi Dengan Kecerian

Akibat hujan deras juga membuat proyek saluran pipa pembuangan perumahan di kawasan Sanur juga meluap hingga menggenani beberapa rumah warga.

Hujan yang merata di seluruh wilayah Bali dengan disertai angin kencang itu juga membuat pohon besar tumbang hingga menimpa rumah warga di Manggis, Kabupaten Karangasem.(ant)