pegal kakiJakarta (Metrobali.com)-

Banyak orang menghabiskan long weekend dengan pergi berwisata bersama keluarga. Traveling, hiking, atau hanya jalan-jalan keliling mal sering dilakukan untuk menghabiskan masa liburan. Bagaimana dengan Anda?

Ketika menghabiskan waktu seharian di luar, tak jarang kaki merasa pegal saat tiba di rumah terutama bila sepatu kurang nyaman. Bagian tumit menjadi area yang paling terasa pegal karena menumpu badan seharian. Untuk menghilangkan rasa tersebut, berikut tips yang bisa dilakukan saat tiba di rumah.

1. Rendam Kaki dengan Air Hangat
Salah satu cara tradisional untuk menghilangkan rasa pegal di telapak kaki dengan merendamnya menggunakan air hangat. Air hangat bisa membantu melancarkan peredaran darah di sekitar telapak kaki sehingga rasa pegal pun mereda terutama di area tumit. Caranya panaskan air kemudian tuang ke dalam wadah seperti baskom atau ember. Lalu rendam kaki Anda sambil ditekan-tekan telapak kakinya menggunakan ujung jari.

2. Pakai Batu Es
Jika tumit merasa sangat pegal bisa menggunakan batu es untuk menyiasatinya. Ini menjadi trik kuno yang bisa membantu menghilangkan nyeri tersebut. Es batu dapat memberikan efek mati rasa sehingga efektif untuk menenangkan nyeri di tumit. Caranya ambil es batu dari dalam kulkas lalu masukkan ke dalam kantong plastik bening. Kemudian tempelkan ke telapak kaki. Tekan es batu saat berada di area tumit sampai pegal mereda.

3. Air Garam
Cara lain yang bisa dilakukan di rumah untuk menghilangkan rasa pegal pada telapak kaki dengan merendamnya menggunakan air garam. Garam memiliki krital sulfat yang secara efektif bisa mengatasi rasa sakit atau peradangan. Ini bisa menjadi cara yang ampuh untuk mengatasi rasa pegal setelah pergi seharian.

Baca Juga :
Penyebab cheetah hampir punah

4. Pijat
Salah satu cara termudah bila tidak mau repot hanya dengan memijatnya berulang-ulang. Ambil minyak zaitun lalu balurkan di atas telapak kaki. Kemudian pijat secara perlahan dan sedikit ditekan ketika melakukannya di area tumit. Berikan tekanan menggunakan ujung jari-jari Anda agar otot tidak tegang dan sirkulasi darah menjadi lancar.

5. Minyak Cengkeh
Bagaimana dengan minyak cengkeh? Minyak cengkeh bermanfaat untuk merangsang aliran darah serta meredakan rasa pegal. Caranya dengan mengambil minyak zaitun tuang ke dalam wadah kecil. Masukkan cengkeh ke dalamnya dan diamkan sebentar. Setelahnya, oleskan ke telapak kaki sambil dipijat.

6. Cuka
Cuka memiliki banyak manfaat. Selain penyedap masakan, cuka juga sering digunakan untuk membersihkan noda pada perabotan rumah. Tidak hanya itu, cuka juga bisa mengobati nyeri pada kaki Anda. Caranya dengan menuangkan beberapa tetes cuka ke dalam wadah yang telah diisi dengan air. Lalu rendam kaki Anda di dalamnya. Ini menjadi cara yang cukup efektif untuk menghilangkan pegal di telapak kaki. Sumber : Wolipop