Foto: Wakabid Pertanian, Peternakan dan Kemandirian Desa DPW Partai NasDem Bali, Tjok Istri Ngurah Roosany, SE., M.Agb, (Tjok Rosa) mendampingi kelompok peternak babi penerima hibah.

Denpasar (Metrobali.com)-

Tujuh kelompok ternak babi berasal dari Kabupaten Tabanan dan Jembrana mendapat dana hibah yang dikucurkana Dinas Pertanian Propinsi Bali melalui dinas pertanian setempat sebesar Rp 701 juta.

Ketujuh kelompok itu tiga dari Tabanan yakni Kelompok Babi Lestari 1, Kelompok Lestari 2 Desa Klating dan Kelompok Budi Luwih Selemadeg. Sedangkan empat kelompok dari Kecamatan Pekukutan Jembrana adalah Sari Merta, Dwi Rejeki, Gunung Merta dan Sukses Lestari.

Keberhasilan mendapatkan bantuan hibah tersebut diakui Ni Nyoman Wiratsi Ketua Kelompok Lestari I asal desa Klatuing Tabanan. Pihaknya menyampaikan terima kasih kepada Wakabid Pertanian, Peternakan dan Kemandirian Desa DPW Partai NasDem Bali, Tjok Istri Ngurah Roosany, SE., M.Agb, (Tjok Rosa) yang sudah mengawal dan memfasilitasi sejak pembuatan proposal bantuan hibah hingga penandatangan kontrak pada Selasa (6/12/2022).

“Semuanya berkat pengawalan dan arahan dari Bu Tjok,” kata Wiratsi menyampaikan apresiasi atas kepedulian kader-kader NasDem kepada para peternak.

Senada Wiratsi, Ketua Kelompok Gunung Merta Pekutatan Jembrana, Darwati mengungkapkan, sejak dulu mengajukan bantuan hiban ternak babi, namun baru kali ini berhasil. ‘’Apa yang sudah kami dapati akan terus dijaga dan dikembangbiakan, sehingga bisa membantu ekonomi masyarakat khususnya kelompok Gunung Merta,’’tambah Darwati

Tjok Rosa saat dihubungi Rabu (7/12/2022) siang menjelaskan, dari jumlah 701 juta tersebut semua dana hibah itu akan langsung ditransfer ke rekening kelompok dengan rincian Lestari I menerima 80 juta, Lestari 80 juta, Budi Luwih 105 juta, Sari Merta 109 juta, Dwi Rejeki 109 juta, Gunung Mertha 109 juta dan Sukses Lestari 109 juta.

“Kami hanya membantu dan memfasilitasi masyarakat, agar semuanya program ternak babi ini bisa kembali hidup dan berjalan sedia kala sebelum masa pandemi lalu,’’tutur Tjok Rosa seraya menyatakan pihak serius menggarap ekosistem pertanian di daerah, salah satu program yang terus digalakkan adalah pendampingi para kelompok ternak agar hidup kembali dan berjalan sesuai program pasca pandemi.

Politisi NasDem asal Ubud Gianyar ini menyampaikan aprisiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada dinas pertanian dan kesehatan hewan Propinsi Bali yang telah membuka kesempatan kepada para kelompok ternak babi untuk mendapat hibah tersebut.

“Ke depan kami siap membantu pemerintah dalam memfasilitasi sejumlah kelompok ternak maupun kelompok tani khususnya jagung dan kedelai. Jika ada persoalan kami siap turun. Ini sudah menjadi ikthiar kami,” ujar Tjok Rosa. (dan)