Kadis Damkar Badung Gusti Nyoman Adnyana disaat menyerahkan penghargaan kepada hotel predikat terbaik atas partisipasi dan inisiatifnya melaksanakan pelatihan mandiri pencegahan dan penanggulangan bahaya kebakaran
 Mangupura (Metrobali.com)-
Pemerintah Kabupaten Badung melalui Dinas Pemadam Kebakaran, sesuai dengan salah satu Visi dan Misinya “Memberikan pelayanan prima di bidang pencegahan, penanggulangan dan penyelamatan bahaya kebakaran serta meningkatkan kesadaran dan menumbuh kembangkan partisipasi masyarakat terhadap proteksi kebakaran”, memberikan penghargaan atas partisipasi dan inisiatif dari pihak masyarakat, perusahaan, hotel, restaurant maupun villa yang telah melaksanakan pelatihan mandiri pencegahan dan penanggulangan bahaya kebakaran dilingkungannya masing-masing dengan bekerjasama dengan tim instruktur Dinas Pemadam Kebakaran Kab Badung.
Acara penyerahan sertifikat penghargaan kepada hotel predikat terbaik ini dilaksanakan di Kantor Dinas Pemadam Kebakaran Kab Badung, yang diserahkan secara langsung oleh Kadis Pemadam Kebakaran Kab Badung Gusti Nyoman Adnyana, Senin (27/1).
Gusti Nyoman Adnyana menyampaikan apresiasi atau peghargaan kepada pengusaha, hotel, restoran maupun vila yang sudah merespon upaya untuk meminimilkan bencana kebakaran. Penanggulangan bencana kebakaran,memerlukan adanya sinergitas antara Pemerintah, dunia usaha dan masyarakat.
“Untuk kedepannya akan diadakan sosialisasi tentang pengetahuan untuk mencegah dan  mengurangi bencana kebakaran disekolah-sekolah yang berada di wilayah Badung,” ungkapnya
Ditambahkan untuk pencegahan segala macam bencana merupakan tugas bersama, tidak disekat dengan ruang ataupun daerah. Semuanya wajib untuk membantu.” Mudah-mudahan ini bisa di ketoktularkan atau ditiru oleh yang lain sehingga upaya pencegahan bencana kebakaran itu bisa menekan kerugian material, maupun korban jiwaseminimal mungkin,” harapannya
Sementara itu, Kabid Pencegahan I Gusti Ngurah Agung melaporkan, Program pelatihan ini sudah sering kali dilakukan pada tahun-tahun sebelumnya, namun dari tahun 2013 kemarin telah dilakukan komunikasi yang baik adalah komunikasi yang dilaksankan secara dua arah, artinya adanya respon yang baik antara tim instruktur dengan rekan-rekan perusahaan, hotel, restaurant maupun villa, sehingga apa yang menjadi tujuan bersama tercapai yaitu timbulnya pemahaman tentang pentingnya pencegahan dan cara penanggulangan bahaya kebakaran. Serta meningkatkan peran serta masyarakat dalam pencegahan dan penanggulangan bahaya kebakaran.
Untuk mengimplementasikan hal tersebut, preventif team dari pemadam kebakaran merancang suatu system evaluasi setiap kali diadakan pelatihan, antara lain menyangkut, pengenalan teori, pemahaman teori, keaktifan peserta, disiplin peserta, pengenalan media pemadam, ketangkasan pemakaian media pemadam dan kerjasama tim.
“Tujuan evaluasi penilaian adalah memberikan apresiasi atau penghargaan kepada perusahaan, hotel, restaurant maupun villa yang memenuhi unsure penilaian dengan baik”. Lapornya. Dan untuk tahun 2013 cukup banyak permohonan untuk mengadakan pelatihan dan pencegahan dan penangulangan bahaya kebakaran yaitu sebanyak 26 perusahaan, hotel, restaurant maupun villa, ini menunjukkan betapa besarnya partisipasi masyarakat dalam pencegahan dan penanggulangan bahaya kebakaran.
Adapun hasil evaluasi tim pemadam Kabupaten Badung, dan yang mendapatkan nilai sempurna serta berhak menyandang “Predikat Terbaik 2013” adalah sebanyak 5 perusahaan dan hotel yaitu, Padma Resort Bali, The Breezes Bali, Potato Head Beach Club, PT.XL Axiata Tbk dan Tune Hotel. TAR-MB
 
Baca Juga :
Kesiapan Pemerintah Antisipasi Penambahan Omicron