Foto: Pelepasan mahasiswa On the Job Training (OJT) Alfa Prima Denpasar Sabtu (29/5/2021).

Denpasar (Metrobali.com)-

Kampus Vokasi Alfa Prima Denpasar pada tahun 2021 kembali melaksanakan On the Job Training (OJT) bagi 457 mahasiswa dengan penempatan sebanyak 173 perusahaan baik Instansi Pemerintahan maupun Perusahaan swasta yang bergerak pada bidang retail, rumah sakit, klinik, pariwisata, perbankan, jasa, BUMN, startup, dan bidang lainnya.

Pelepasan mahasiswa OJT Alfa Prima Denpasar ini dilakukan secara hybrid (offline dan online), Sabtu (29/5/2021) yang dibuka langsung Direktur Utama Alfa Prima I Made Artana, S.Kom., M.M, di aula Kampus STMIK Primakara, Denpasar. Acara juga menghadirkan narasumber Donald Manoch (Fasilitator Google, Founder Temu Ilmu, CMO Virtues.Id, Social Media Marketing Spesialist).

On the Job Training (OJT) merupakan salah satu metode pelatihan yang mengajarkan keterampilan, pengetahuan, dan kompetensi yang diperlukan bagi seseorang untuk melakukan pekerjaan tertentu di tempat kerja.  OJT mahasiswa Alfa Prima akan dilaksanakan selama tiga bulan yang dimulai pada tanggal 2 Juni 2021.

“Harapan dengan terlaksananya OJT mahasiswa dapat ditempatkan di kondisi pekerjaan yang sebenarnya, dibawah bimbingan dan pengawasan karyawan yang lebih berpengalaman pada perusahaan OJT,” kata Direktur Utama Alfa Prima I Made Artana, S.Kom., M.M.

Selain itu lewat OJT ini mahasiswa diharapkan dapat mengaplikasikan ilmu yang didapat selama perkuliahan dan juga mendapatkan gambaran secara langsung bagaimana dinamika dan lika-liku saat bekerja dan melatih kesigapan dalam menghadapi kemungkinan permasalahan-permasalahan yang ada dalam dunia pekerjaan.

“Kampus Alfa Prima sangat bersyukur ditengah kondisi sulit seperti saat ini kita bisa menyalurkan mahasiswa ke dunia industri. Berbeda dari tahun lalu, pada bulan Juni tahun lalu dimana kondisi pandemi sedang puncaknya tidak semua mahasiswa bisa kita OJT kan mengingat jumlah perusahaan yang tutup dan segala bentuk kegiatan sangat kita batasi,” ungkap Artana yang juga Ketua STMIK Primakara, salah satu kampus IT terbaik di Bali Nusra.

Di tengah pandemi Covid-19, setiap orang mungkin bakal berpikir akan merasa kesulitan dalam mencari kerja. Namun lulusan Alfa Prima mampu memanfaatkan situasi dan akhirnya bisa mendapatkan pekerjaan dan sebagian dari lulusan tersebut juga ada yang mampu berwirausaha.

Di tengah pandemi Covid-19 tidak banyak kampus yang mampu berkembang di Bali jika dilihat dari jumlah mahasiswa. Namun, kampus Alfa Prima sebagai salah satu kampus vokasi tetap mampu tetap berkembang di masa pandemi Covid-19.

Sementara itu Artana juga berpesan mahasiswa Alfa Prima bisa melakukan OJT dengan sebaik-baiknya dan menyiapkan diri untuk siap terjun ke dunia kerja. “Apalagi bekerja sekarang situasinya lebih sulit dari situasi sebelumnya, lowongan kerja lebih sedikit tapi pencari kerja jumlanya lebih banyak. Maka dibutuhkan keseriusan dan persiapan diri lebih baik,” kata Artana mengingatkan. “Tagline Alfa Prima Berani Sukses. itu harus adik-adik tanamkan dalam diri,” pesan Artana.

Alfa Prima, Kampus Pilihan Milenial

Untuk diketahui, Kampus Alfa Prima sudah berusia 17 tahun dan sudah memiliki tiga cabang yaitu Kampus Alfa Prima Cabang Denpasar, Singaraja dan Karangasem. Usia yang dapat dikatakan cukup matang untuk sebuah institusi pendidikan.

Mengusung visi “To be the #1st Choice of Industry” atau “Menjadi pilihan pertama dari perusahaan-perusahaan yang membutuhkan SDM,” Kampus Alfa Prima menjadi salah satu kampus pilihan generasi milenial di Pulau Dewata.

Kampus milenial ini memiliki jurusan yang terbilang lengkap yakni Manajemen Administrasi Perkantoran Customer Service dan Bisnis, Manajemen Administrasi Rumah Sakit,  Komputer Akuntansi dan Perpajakan, Manajemen Informatika dan Komputer, Desain grafis, Multimedia dan Animasi, Manajemen Keuangan & Perbankan, dan Akuntansi Perhotelan.

Salah satu kampus Diploma terbaik di Bali yang berdiri sejak tahun 2003 ini mengusung misi  menjalankan lembaga pendidikan yang membentuk mahasiswanya memiliki komputensi terbaik dan terupdate melalui pembelajaran yang joyful.

Kampus Alfa Prima juga berfokus pada pengembangan softskill dan pengembangan karakter yang mendukung untuk sukses.  Kampus yang hadir di Denpasar, Singaraja dan juga Karangasem ini juga menjalin sinergi yang luas dengan pemerintah, dunia industri, dan komponen masyarakat lainnya melalui cara-cara yang kreatif. (dan)