Jembrana (Metrobali.com)-

Vaksin Covid-19 untuk Kabupaten Jembrana, Selasa(26/1) tiba dan langsung disimpan di ruang pendingin Gudang Farmasi Dinkes Jembrana.
Kedatangan 3720 vial vaksin dengan pengawalan ketat aparat dijemput langsung Kapolres Jembrana AKBP I Ketut Gede Adi Wibawa bersama tim farmasi Dinkes Jembrana dari Kantor Dinas Kesehatan Provinsi Bali.
Vaksin yang tiba sekitar pukul 14.30 Wita dipantau dan memjadi atensi Bupati Jembrana I Putu Artha bersama Dandim 1617/ Jembrana Letkol Inf. Hasrifuddin Haruna beserta jajaran.
Bupati Jembrana I Putu Artha mengatakan vaksin ini selanjutnya akan segera didistribusikan kepada berbagai elemen masyarakat , utamanya tenaga medis Jembrana sebagai garda terdepan penanganan Covid-19. Namun sebelumnya vaksinasi pertama di Jembrana akan diberikan kepada forkopimda Jembrana bersama elemen tokoh agama.
Dari rencana sebelumnya tanggal 2 pebruari vaksinasi pertama akan digelar pada Jumat, 29 januari 2021 bertempat di Ruang Lantai III Poliklinik RSU Negara. Hal itu setelah mendapat ijin dan rekomendasi dari Dinas Kesehatan Provinsi Bali sehingga vaksinasi bisa dipercepat.
“ Untuk kick off vaksinasi covid-19 kita berikan pada forkopimda dan tokoh agama. Termasuk Bupati juga mengawali. Ini bentuk contoh dan memberikan bukti kepada masyarakat bahwa vaksin yang kita berikan ini aman , “ kata Artha.
Ia berharap pelaksanaan vaksin nanti bisa berjalan aman dan bisa diterima masyarakat yang sudah terdata. “Kita berharap vaksinasi ini bisa memberikan jawaban atas kondisi pandemi serta penyebaran virus covid-19 , terutama di Jembrana yang sudah berlangsung sejak april tahun lalu , “ tandasnya.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan Jembrana dr I Gusti Bagus Ketut Oka Parwata mengatakan , untuk tahap pertama Jembrana kebagian 3720 vial vaksin . Jumlah itu katanya tentu tidak mencukupi , sehingga masih terus berkordinasi dengan Dinas Kesehatan Provinsi Bali untuk pengiriman vaksin kloter kedua.
Tenaga medis Jembrana sejumlah 1765 orang akan mendapat prioritas pertama. “ Mereka sudah didata ditiap unit kerja pelayanan kesehatan. Satu orang akan mendapat vaksin dua kali . Kita targetkan vaksinasi pertama untuk tenaga kesehatan itu bisa tuntas bulan pebruari nanti , “ ujarnya .
Pihak dinas kesehatan juga sebutnya sudah menyiapkan petugas yang akan melakukan vaksinasi. Pelaksanaannya disebar di masing-masing puskesmas serta RSU Negara. Disisi lain Satgas covid-19 juga akan terus melakukan komunikasi dan edukasi kepada masyarakat terkait pemberian vaksin. “ Ada screening dulu pastinya sebelum diberikan vaksin. Itu untuk Memastikan kondisi kesehatan mereka sebagai syarat layak mendapat vaksin . Seluruh fasilitas dan layanan kesehatan Jembrana sudah siap untuk pengambilan vaksin nanti” pungkasnya. (Humas Pemkab Jembrana)