Jembrana (Metrobali.com)

 

Bupati Jembrana, I Nengah Tamba membuka Lomba Burung Merpati Terbang Tinggi Kabupaten Jembrana pada Hari Sabtu (13/8) bertempat di Lapangan Dauhwaru.

Lomba yang dimeriahkan oleh 242 pasang burung Merpati.

 

” ini burung piihan dari hasil seleksi arisan rutin tiap minggunya dengan penggemar merpati lebih dari 20.000 orang, ” ungkap Ketua Panitia Lomba, Ketut Wiarta.

 

Ketut Wiarta mengucapkan terima kasih kepada Bupati dan jajaran Pemkab Jembrana atas terselenggaranya lomba Burung Merpati ini yang dianggarkan dari Pemerintah Kabupaten Jembrana setelah tidak terselenggara 2 tahun karena pandemi covid-19. Wiarta juga meminta untuk kedepannya selalu diadakan Lomba Burung Merpati Terbang Tinggi.

 

Lanjut Wiarta dalam laporannya mengatakan bahwa lomba ini terdiri dari 2 kategori, yaitu kategori Bulu Polos (warna burung hitam dan abu-abu) dan kategori Bulu Mores (warna burung yang ada unsur putihnya) yang masing-masing akan diambil juara 1, 2, dan 3.

 

Sementara Bupati, I Nengah Tamba merasa bahagia melihat pencinta merpati (seka dedara) hadir dengan penuh semangat dan suka cita karena hampir 2 tahun kegiatan ini tidak terlaksana. “Astungkare dalam rangkaian HUT Kota Negara ke-127 dapat kita laksanakan.” Semoga kedepan tidak ada lagi penyakit atau pandemi lagi di Negara kita ini, ” ucap  I Nengah Tamba.

 

I Nengah Tamba menyampaikan bahwa Pemkab sudah membangun tempat yang cocok untuk lomba ini, yaitu Sirkuit All in one yang masih proses pembangunan di Pengambengan.

” Semua atraksi budaya akan dilaksanakan di sana, seperti Mekepung, Pementasan Jegog, Lomba Burung Merpati, Lomba layang-layang, dan lainnya. Desember akan selesai pengerjaannya. Kedepan akan dikemas lebih baik dan menjadi tontonan wisatawan, ” ujar I Nengah Tamba.

Baca Juga :
Everything You'll Comprehend Approximately Pounds complications Is certainly Wrong

 

Apalagi sambung Tamba, Lomba Burung Merpati terbang Tinggi ini juga hanya ada di Jembrana.

” ini juga kebanggaan buat Kabupaten Jembrana, selain Jegog dan Mekepung.

Lomba Burung ini juga hanya ada di jembrana,” tandasnya .

 

Untuk tahun-tahun berikutnya, Bupati pastikan akan terus berlangsung dengan penambahan dana. “Silahkan rancang kegiatannya, tidak pada saat momen HUT Kota Negara dan Kemerdekaan RI, waktu lain pun boleh. Ini adalah hiburan rakyat, asal tetap bekerja jangan nanti hiburan terus, pungkas I Nengah Tamba sambil bergurau.

 

Lomba Burung Merpati Terbang Tinggi dibuka secara resmi dengan simbolis pelepasan pasangan burung lomba keudara oleh Bupati Tamba bersama  Dandim 1617/Jembrana. (Humas Pemkab Jembrana)