IMG_20160722_194019
Suhaimi mengendarai sepeda motor menujarkan uang robek dengan uang bagus, Jumat (22/7)/MB

Jembrana, (Metrobali.com) –

Anda memiliki uang robek dan tidak bisa dibelanjakan?. Jangan khawatir, melalui Suhaimi uang anda kembali menjadi bagus dan bisa dibelanjakan. Namun nilainya dipotong 50 persen dari nilai semula.

Ditemui Jumat (22/7), Suhaimi mengaku setiap hari berkeliling dari satu desa ke desa yang lain mencari uang robek untuk ditukarkan dengan uang bagus.

Pemuda asal Lombok Barat dan mengaku menetap di Kelurahan Banjar Tengah, Kecamatan Negara, Kabupaten Jembrana ini melakoni jasa penukaran uang robek sudah setahun lebih.

Dengan mengendarai sepeda motor Honda Supra fit DK 2830 KR, dan pengeras suara ditangan, dalam sehari ia mampu menukarkan uang robek senilai Rp.300 ribu hingga Rp.400 ribu.

“Dari uang yang ditukar saya potong 50 persen. Yang nukar tidak keberatan, karena kalau dibelanjakan tidak laku. Uang sepuluh ribu saya tukar dengan lima ribu rupiah” ujar Suhaimi sembari memberi contoh.

Setelah terkumpul, menurutnya uang robek tersebut kemudian disetorkan (ditukarkan) kepada seorang pengepul di Lombok Barat dengan potongan 20 persen.

Ketika ditanya dibawa kemana uang robek tersebut oleh si pengepul, Suhaimi nengatakan dari informasi katanya disetorkan ke pihak BI (Bank Indonesia).

Salah seorang warga dari Desa Yehembang, Kecamatan Mendoyo mengaku terbantu akan jasa penukaran uang tersebut. “Dipotong separuh tidak apa-apa, dari pada tidak bisa dibelanjakan” ujarnya. MT-MB