2015, 45 Ribu Telur Penyu Terselamatkan

Metro Bali

Pelepasan tukik di Kuta

2015, 45 Ribu Telur Penyu Terselamatkan/MB

Kuta, Bali (Metrobali.com)-

Ketua Penangkaran Penyu di Pantai Kuta I GST Ngurah Tresna mengatakan hingga pertengahan bulan Maret hingga September 2015 sedikitnya ada sekitar 45 ribu telur yang berhasil diselamatkan di pesisir pantai Kuta, Bali.

Tresna menjelaskan 45 ribu ekor penyu tersebut ditemukan di sepanjang pesisir pantai Jerman (Segara) hingga pantai Seminyak.

“Dari pertengahan bulan Maret hingga saat ini di bulan September, total yang tercatat ada 45 ribu telur penyu yang kita selamatkan. Semua telur yang kita tetaskan dapat dihasilkan sekitar 90 persen,” ungkap Tresna yang akrab disapa Mr.Tukik, Selasa (15/9) di Pantai Kuta.

Bahkan hampir setiap minggu di bulan ini pihak tim penyelamatan penyu di Kuta selalu patroli. Maklum kata Tresna, untuk bulan September dan Oktober siklus masa induk Penyu bertelur.

Tukik siap dilepas

“Kemungkinan bulan Oktober nanti akan ada banyak kita temukan penyu bertelur, semoga bisa kita dapatkan dan selamatkan di wilayah pantai Kuta,” ungkapnya.

Saat ini, penetasan sudah terjadi di penangkaran. Bahkan untuk membuat suasana kegembiraan para wisatawan yang berkunjung ke Pantai Kuta, hampir setiap sore dilepas tukik-tukik ke habitatnya.

“Kita harus sadari, bahwa dari yang kita lepas seribu tukik. Bisa dikatakan yang mampu bertahan hidup hanya seekor saja,” pungkasnya.SIA

Bagikan :
Baca Juga :
Gubernur Koster Sampaikan RAPERDA tentang Perubahan APBD Tahun Anggaran 2018 dalam Sidang Paripurna DPRD

Leave a Comment

Your email address will not be published.