Klungkung ( Metrobali.com )
Sebanyak 1800 Pegawai Negeri Sipil (PNS) se-Kabupaten Klungkung diambil sumpahnya pada kamis (20/12) di GOR Swecapura, Gelgel, Klungkung oleh Bupati Klungkung, I Wayan Candra. Pengambilan sumpah janji PNS yang terdiri dari tenaga pendidik, tenaga kesehatan dan tenaga teknis lainnya tersebut dihadiri pula Ketua DPRD Klungkung, A.A Gde Anom, Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Klungkung, Nengah Sudiarta serta sejumlah pemuka agama.

Pengambilan sumpah janji PNS ini sesuai dengan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 21 Tahun 1975 tentang Sumpah Janji PNS yang salah satu pasalnya menyebutkan setiap Calon Pegawai Negeri Sipil segera setelah diangkat menjadi Pegawai Negeri Sipil wajib mengangkat sumpah janji pegawai negeri sipil menurut agama kepercayaannya kepada Tuhan Yang Maha Esa, sesuai dengan ketentuan-ketentuan dalam peraturan ini.

Kepala BKD Kabupaten Klungkung, Nengah Sudiarta mengatakan, pengambilan sumpah janji PNS ini merupakan salah satu syarat sebagai Pegawai Negeri Sipil. Pengambilan sumpah janji tahun ini diikuti sebanyak 1800 PNS yang terdiri dari tenaga kesehatan, tenaga pendidik dan tenaga teknis. Jumlah tersebut diambil dari PNS dari tahun 2003 sampai dengan sekarang.

Sudiarta menambahkan, melalui pengambilan sumpah janji ini diharapkan para PNS tersebut dapat melakukan pekerjaan secara optimal dan setia kepada NKRI yang merupakan tujuan utama dari pengambilan sumpah janji tersebut. Terkait PNS yang masih tercecer atau belum melaksanakan sumpah janji PNS seperti sekarang, Sudiarta menyatakan para PNS tersebut akan diambil sumpah janji PNSnya pada tahun mendatang.

Sementara itu, Bupati Klungkung, I Wayan Candra mengharapkan para PNS yang telah diambil sumpah janjinya ini agar dapat bekerja dengan sebaik-baiknya sesuai sumpah janji yang telah diucapkannya. Tentunya, sumpah janji yang telah diucapkan tersebut akan berpengaruh pada kinerja dari pegawai tersebut. Selain itu, sebagai abdi Negara, Bupati Candra menghimbau agar dapat melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya. “Sebagai abdi Negara, para PNS ini kami harapkan dapat melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya,” harap Bupati Candra. SUS-MB

Baca Juga :
SD Negeri Tohpati kecamatan Banjarangkan dinilai tim Provinsi