IMG_0114
Sebanyak 1500 pramuka Siaga se-Kwarcab Denpasar hari Minggu, (28/02/2016), memadati Lapangan I Gusti Ngurah Made Agung Denpasar/MB
“DALAM RANGKA MERAYAKAN HARI BADEN POWELL KE-159, HARI JADI KOTA DENPASAR KE- 228 DAN 100 TAHUN GOLONGAN PRAMUKA SIAGA SE-DUNIA”
 
Denpasar, (Metrobali.com) –
Sebanyak 1500 pramuka Siaga se-Kwarcab Denpasar hari Minggu, (28/02/2016), memadati Lapangan I Gusti Ngurah Made Agung  Denpasar. “Setiap barung melaksanakan 8 permainan yang seperti arah mata angin, puzzle tokoh, estafet tepung, badges challenge, crab run, the cutting pipe, estafet karton tongkat dan ball challenge ,” ujar Ketua Bidang Kegiatan Pesta Siaga Kwarcab Denpasar  Budiarsa.
 
Sebelum dilaksanakan Pesta Siaga, dilaksanakan terlebih dahulu Upacara Pembukaan yang diawali dengan devile para peserta Pesta Siaga dengan menampilkan kebolehannya.

Ia mengharapkan dalam Pesta Siaga ini ditanamkan semangat bermain dan berpesta dengan menjunjung tinggi sportivitas. Untuk persiapan pelaksanaan upacara pembukaan dipersiapkan secara matang sehingga peserta yang masih anak-anak tidak menunggu terlalu lama ungkapnya Budiarsa.
 
Pesta Siaga dibuka oleh Ketua Kwartir Cabang Denpasar DR. I Gusti Lanang Jelantik M.Si .  dengan ditandai dengan pelepasan balon. Pesta Siaga 2016 bertujuan untuk memberikan wadah yang terarah dalam kegiatan peserta didik. Dengan harapan setelah mengikuti kegiatan pesta siaga, peserta dapat meningkatkan pengetahuan, pengalaman, ketrampilan serta mengembangkan diri di gugus depan masing-masing.

Lanang Jelantik dalam kesempatan tersebut menyampaikan, gerakan kepanduan nasional lahir dan mengakar di bumi nusantara merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari gerakan perjuangan kemerdekaan Indonesia.

Oleh karena itu, lanjut Lanag Jelantik, gerakan pramuka sebagai kelanjutan dan pembaharuan gerakan kepanduan nasional, tetap relevan untuk terus didukung dan dikembangkan sebagai penyelenggara pendidikan non formal diluar sekolah dan diluar keluarga, yang berfungsi sebagai wadah pembinaan dan pengembangan generasi muda.
 
Melalui pesta siaga, tentunya pramuka siaga akan menerima banyak ilmu pengetahuan yang sangat bermanfaat, baik yang berkenaan dengan wawasan, kedisiplinan, ketangkasan/ketrampilan maupun kemandirian dalam rangka pengembangan diri pribadi seutuhnya baik fisik maupun mental spiritual sesuai dengan tingkat kemampuannya, ujarnya.
 
I Gusti Lanang Jelantik juga mengajak kepada para peserta Pesta Siaga, untuk terus meningkatkan prestasi dan senantiasa rajin belajar, meningkatkan disiplin, tidak mudah putus asa, patuh dan taat kepada orang tua, serta beriman dan bertaqwa kepada tuhan yang maha esa. Sehingga pada gilirannya nanti, nanda menjadi anak cerdas, mandiri, berprestasi dan berbudi pekerti yang luhur.
 
Pesta Siaga Se-Kota Denpasar ini bentuk  kegiatan ini emang seperti fanel jadi Gerakan Pramuka Siaga memang didominan pada aktivitas yang mengarah pada permaianan tetapi dalam permaianan itu semua mengandung nilai makna bermanfaat untuk pemahama dan penanaman nilai pada setiap anak itu sendiri dalam bermain.
 
1500 peserta didik yang mengikuti berbagai aktivitas tentu harapan kita kedepan orentasi Pesta Siaga ini untuk meningkatkan kualitas secara individu dan meningkatkan dari pengembangan sikap prilaku yang tidak baik yang berkembang di masyarakat.
 
Maka dari pada itu kita harus tanamkan  sejak dini prilaku yang baik kita mendesain remaja kita agar terhindar dari hal-hal yang negative yang selama ini berkembang di.
 
Mudah-mudahan yang menjadi desain kita di pendidikan kususnya di Pramuka Kwartir Cabang Denpasar membawa manfaat dan tentu harapan kita semua terus menggalakkan kegiatan pramuka di semua sekolah ini. Sebab Gerakan Pramuka akan dapat menghindarkan generasi muda dari narkoba, tawuran, dan segala aksi negatif di masyarakat uangkapnya.
 
Tambah, Lanang jelantik dalam waktu dekat kita juga sudah siap dilaksanakan Jambore Nasional kita akan mengirim 40 puluh orang pramuka penggalang 16 putra dan 16 putri serta Pembina pendamping dan pimpinnan kontingen Kwartir Cabang Denpasar. Jamnas Pramuka 2016 yang mengusung tema “Mandiri, Berprestasi dan Berkarakter. RA-MB