Warga Saren Jawa, Karangasem Megibung Saat Idul Fitri

Metro Bali
single-image
Keterangan foto: Warga muslim, di Banjar Saren Jawa, melaksanakan tradisi megibung/MB

Karangasem (metrobali.com) –

Ada tradisi yang tak biasa, dilakukan Warga Banjar Saren Jawa, Desa Budakeling, Karangasem usai melaksanakan Sholat Ied dan bersilaturahmi ke seluruh keluarga. Warga muslim, di Banjar Saren Jawa, melaksanakan tradisi megibung.

Pemuka Masyarakat, Komang Asmuni mengungkapkan tradisi ini telah digelar sejak berdirinya kampung ini. “Per KK membawa 1 nampan, yang berisikan nasi dan lauk pauk, lengkap dengan sate lilit khas Bali,” tutur Asmuni.
Ia menambahkan, kendati Warga Saren Jawa beragama Islam, namun secara adat dan tradisi, semua sama dengan warga Bali lainnya. “Bahkan kami ada penampakan Idul Fitri juga, semua kami sama, bahasa yang digunakan di masjid juga bahasa Bali halus,” imbuh Asmuni.
Tak hanya pada Idul Fitri, Asmuni mengungkapkan, ke 137 KK Warga Saren Jawa, juga rutin mengadakan tradisi megibung saat hari besar Islam lainnya, seperti Maulud Nabi, acara di tiap keluarga dan acara besar lainnya. “Kami berharap dari tradisi ini, selain sebagai bentuk rasa syukur, dapat menjadikan warga semakin terjalin persaudaraannya,” tandasnya.
Bagikan :
Baca Juga :
PLN Bali Utamakan Kemudahan Layanan

Leave a Comment

Your email address will not be published.