Warga Celukan Bawang Datangi BLH, Protes Limbah PLTU Celukan Bawang

Metro Bali
single-image
BLH6
Buleleng, (Metrobali.com) –
Limbah PLTU Celukan Bawang di protes warga setempat, karena dianggap berdampak terhadap kesehatan warga. Terkait hal ini, perwakilan warga Desa Celukan Bawang yang berada disekitar lokasi pembuangan limbah PLTU Celukan Bawang, Selasa (25/8) mendatangi Kantor  Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kabupaten Buleleng dan diterima sekretaris BLH, Wayan Nadiarta.
Perwakilan warga Celukan Bawang, Mangku Wijana yang akrab dipanggil Kwi ini mengatakan kedatangannya ke kantor BLH untuk meminta kejelasan terkait izin pembuangan limbah batubara PLTU Celukan Bawang dan juga dampak yang ditimbulkan oleh limbah batubara PLTU Celukan Bawang. “Kami yang ada disekitar tempat pembuangan limbah batubara PLTU Celukan Bawang sebanyak 40 KK. Kami sangat keberatan sekali dengan keberadaan limbah tersebut, karena sudah mencemari lingkungan, dan mengganggu kesehatan warga. Coba anda bayangkan, disamping hawanya panas, baunya dan debunya itu sangat mengganggu kami” ujarnya berang”Banyak anak-anak bertempat tinggal disekitar limbah dan sudah terganggu kesehatannya, berupa sesak nafas atau sejenis Ispa” imbuhnya.
Lebih lanjut ia mengatakan pembuangan limbah PLTU Celukan Bawang tidak satu tempat. Bentuk limabahnya itu, ada yang cair juga ada yang padat,”Sungguh sangat mengganggu limbah itu. Kami minta agar persoalan limbah ini dengan segera ditanagani oleh instansi yang terkait. Karena kami sudah berkali-kali melaporkannya kepada pihak PLTU Celukan Bawang, namuin tidak ditanggapi” tandas Mangku Wijana.
Sementara itu Sekretaris BLH Buleleng, Wayan Nadiarta mengatakan persoalan pengaduan ini agar dibuatkan surat pengaduan terlebih dahulu. Selanjutnya pengaduannya itu ditindak lanjuti dengan melakukan rapat dengan tim. Hasil dari rapat dengan tim akan ditindak lanjuti ke lapangan, ketempat limbah yang diprotes warga.”Kami tampung dulu pengaduan warga. Setelah dirapatkan dan hasilnya seperti apa, barulah kami bertindak” pungkasnya.
Lantas seperti apa komentar pihak PLTU Celukan Bawang terkait dengan keluhan warga ini?
Manager Affair PT. GEB di PLTU Celukan Bawang, I Putu Singyen mengatakan untuk sementara ini memang pembuangan limbah itu, belum ada ijinnya. Karena masih melihat kondisi dan situasi dari pembuangan limbah yang sifatnya sementara itu,”Kalau sudah ada kepastian berupa sampelnya terkait dengan pembuangan limbah ini, barulah kami mencari ijinnya” ujar Singyen
Menurutnya, kalaupun nantinya ada warga yang kesehatannya terganggu akibat dari terkena dampak pembuangan limbah, pihaknya sudah menyiapkan biayanya sebagai kompensasi,”Itupun kalau memang ada buktinya ada warga yang terkena dampak dari pembauangan limbah”pungkas Singyen yang mantan anggota DPRD Buleleng dari fraksi Golkar ini. GS-MB
Bagikan :
Baca Juga :
Pelantikan Pimpinan DPRD Bali Dihelat 28 Oktober Mendatang
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Leave a Comment

Your email address will not be published.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});
(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});