Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Walikota Rai Mantra Hadiri Upacara Melaspas Ratu Gede Bhagawan Penyarikan Banjar Sakah Kepaon

Metro Bali
single-image

Melaspas Br Sakah Kepaon 2

 

Denpasar (Metrobali.com)-

Terlihat sejak pagi dini hari serentak para warga Banjar Sakah Desa Pakraman Kepaon mengenakan pakian adat kepura bernuansa putih, dikarenakan para warga sedang melaksanakan prosesi upacara Melaspas, Mecaru, Mendem Pedagingan lan Pujawali ring Parhyangan Ratu Gede Bhagawan Penyarikan Bale Banjar Sakah, pada Buda Wage Ukir, Rabu (20/5). Upacara ini dihadiri dan disaksikan langsung Walikota Denpasar IB Rai Dharmawijaya Mantra sekaligus mendem pedagingan dan menandatangani prasasti serta ngaturang punia. Hadir juga dalam kesempatan ini Wakil Gubernur Bali I Ketut Sudikerta, Wakil DPRD Kota Denpasar I Wayan Mariyana Wandhira, Camat Denpasar Selatan AA Gede Risnawan, Bendesa, Lurah, Kelian, Tokoh Masyarakat serta Tokoh Agama setempat.

Ketua Panitia yang sekaligus Kelian Banjar Sakah Kepaon I Ketut Sudiana dalam laporannya memaparkan, renovasi Parhyangan Ratu Gede Bhagawan Penyarikan dan Bale Banjar Sakah Kepaon ini sudah direncanakansejak lama. Akan tetapi baru bisa dilaksanakan dan dikerjakan mulai pada tahun 2014 lalu dan rampung pada tahun 2015 ini, dikarenakan pada saat itu dana yang dimiliki belum mencukupi. “Renovasi ini dilakukanmengingat bangunan pura ini kondisinya sudah tua dan rapuh dimakan usia. Karena itu atas hasil musyawarah warga Banjar Sakah diputuskan untuk dilakukan renovasi dengan biaya yang didapat dari donatur dan urunan warga Banjar Sakah yang berjumlah 570 KK. Dengan total biaya keseluruhan baik dari  keseluruhan bangunan fisik pura dan bale banjar sebesar 2,2 Milyar Rupiah serta upakara Melaspas, Mecaru, Mendem Pedagingan lan Pujawali ring Paryangan Ratu Gede Bhagawan Penyarikan menghabiskan dana sebesar 90 Juta Rupiah” ungkap Sudiana.

Lebih lanjut Sudiana mengatakan, adapun  bangunan yang di renovasi sebanyak 6 bangunan, yakni Bale Banjar, Bale Kulkul, Pelinggih Ratu Gede Bhagawan Penyarikan, Taksu, Tajuk dan Tembok Penyengker. Yang pada upacara ini di puput oleh Ida Pedanda Gede Oka Manuaba dari Griya Toko Sanur.  “Kami mengucapkan terimakasih kepada warga Banjar Sakah Kepaon dan semua pihak yang telah memberikan bantuan hingga selesainya pembangunan  Parhyangan Ratu Gede Bhagawan Penyarikan dan Bale Banjar Sakah Kepaon,” ujarnya. Ia juga merasa bahagia dan bangga Walikota Denpasar IB Rai Dharmawijaya Mantra yang dapat hadir menyaksikan upacara Pemelaspasan ini dan bisa berkesempatan mendem pedagingan serta menandatangani prasasti peresmian bale banjar ini. Juga telah memberikan perhatian dan Dana Punia sebagai stimulan kepada warga Banjar Sakah Kepaon” ungkap Sudiana. RED-MB 

Bagikan :
Baca Juga :
Arema buru kemenangan lawan Persija demi ultah

Leave a Comment

Your email address will not be published.