Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Wabup Suiasa Buka Aksos Ganesa Unmas di Taman Ayun

Metro Bali
single-image
aksos 2-1
Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa bersama Penglingsir Puri Ageng Mengwi A.A. Gde Agung, Minggu (28/8) kemarin membuka Aksi Sosial (Aksos) Mahasiswa Baru Ganesa Universitas Mahasaraswati (Unmas) tahun 2016-2017 di Wantilan Pura Taman Ayun, Mengwi.

Mangupura (Metrobali.com)-


            Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa, Minggu (28/8) kemarin membuka Aksi Sosial (Aksos) Mahasiswa Baru Ganesa Universitas Mahasaraswati (Unmas) tahun 2016-2017 di Wantilan Pura Taman Ayun, Mengwi. Kegiatan tersebut juga dihadiri Rektor Dr. I Made Sukamerta, MPd, Penglingsir Puri Ageng Mengwi A.A. Gde Agung, Camat Mengwi I Gst. Ngr. Gede Jaya Saputra, Perbekel Mengwi I Ketut Umbara, para Dekan, BEM serta sekitar 2.200 Mahasiswa Baru Unmas.
            Rektor Universitas Mahasaraswati,  I Made Sukamerta, mengatakan atas nama civitas akademika menyampaikan terima kasih kepada penglingsir Puri Ageng Mengwi dan Wakil Bupati yang telah menerima aksi sosial ini dengan baik. Aksos ini merupakan rangkaian dari kegiatan orientasi pengenalan kampus sejak tanggal 24 Agustus lalu ditingkat universitas. Usai aksos ini dilanjutkan kegiatan ditingkat Fakultas selama selama 3 hari. Dipilihnya areal pura taman ayun ini karena arealnya sangat luas, sehingga ribuan mahasiswa baru mendapat kesempatan melakukan pembersihan areal pura dan sekitarnya. Disamping itu mahasiswa akan mendapat pengetahuan dan informasi yang benar mengenai Pura Taman Ayun sebagai warisan budaya dunia Unesco. “Kami harapkan aksos ini betul-betul nantinya dapat melakukan kebersihan di areal pura semaksimal mungkin,” tambahnya.
            Wabup. Suiasa mengapresiasi atas terlaksananya Aksos Unmas yang telah memilih Badung tepatnya Pura Taman Ayun sebagai obyek Aksos. Kegiatan ini dinilai sangat penting serta strategis, dan Badung akan terbuka kepada semua komponen masyarakat, diberbagai bidang maupun profesi untuk diajak berpartisipasi dalam membangun masyarakat dan wilayah kabupaten badung sehingga kedepan pembangunan yang telah baik sekarang ini dapat ditingkatkan dan menjadi lebih baik lagi. Aksos ini juga dinilai memiliki nilai timbal balik yang bermanfaat bagi mahasiswa baru Unmas maupun Pemkab Badung. Mahasiswa baru akan mendapat suatu informasi dan wawasan tata nilai khususnya tentang nilai budaya yang berkembang yang ajeg dan lestari di kawasan Pura Taman Ayun. Selain itu, Wabup Suiasa juga menyampaikan program Pemkab Badung dalam 5 tahun kedepan yang telah ditetapkan dalam RPJMD Semesta Berencana. “Semesta berencana berarti pembangunan disemua sektor disemua wilayah, semua tingkatan, juga melibatkan elemen, potensi dan komponen masyarakat. Oleh karena itu Pemkab Badung senantiasa terbuka bagi masyarakat termasuk perguruan tinggi untuk ikut membagun badung ini,” jelasnya.
            Sementara Penglingsir Puri Ageng Mengwi A.A. Gde Agung juga menyampaikan apresiasi dan kekaguman kepada civitas akademika Unmas melaksanakan kegiatan aksos di Pura Taman Ayun. Menurutnya, Pura Taman Ayun terkenalnya sebagai salah satu destinasi pariwisata Bali, dimana kunjungan wisatawan setiap harinya sebanyak 1200 orang. Dijelaskan, Pura Taman Ayun memiliki tiga fungsi yakni sebagai fungsi sosial religius, sosial kemasyarakatan dan sosial ekonomi. Sosial religius artinya Pura Taman Ayun terbuka untuk umum dalam meningkatkan srada bakti. Fungsi sosial kemasyarakatan, semua umat beragama dapat bersembahyang di Pura Taman Ayun sehingga menjadi satu persatuan. Dan fungsi sosial ekonomi, dimana keberadaan kolam taman ayun berfungsi disamping mengatur ekosistem kawasan pura taman ayun, juga dari segi estetika kolam ini mendukung keindahan pura dan yang paling penting kolam berfungsi sebagai waduk untuk mengaliri ratusan hektar sawah di Selatan.
RED-MB
Bagikan :
Baca Juga :
Bupati Gde Agung : Ciptakan SDM Handal dan Mampu Memimpin Perubahan

Leave a Comment

Your email address will not be published.