Wabup Sudikerta Lepas Kontingen PEDA Badung

Metro Bali
single-image

Mangupura (Metrobal.com)-

Pekan Daerah (PEDA) merupakan ajang pertemuan Kelompok Tani Nelayan Andalan (KTNA) se-Bali yang merupakan salah satu upaya pembinaan kepada kelompok tani yang  diharapkan dapat berperan aktif dalam pembangunan pertanian dan pembangunan yang menunjang kemajuan daerahnya.

Pelaksanaan PEDA ini  juga sejalan dengan langkah kebijakan pemerintah daerah untuk mengembangkan sektor pertanian dalam arti luas. Realita juga menunjukkan bahwa mayoritas masyarakat yang tinggal di pedesaan adalah  sebagai petani, karena sektor pertanian tetap menjadi tulang punggung perekonomian disamping sektor lainnya. Hal tersebut diungkapkan Wakil Bupati Badung I Ketut Sudikerta saat melepas kontingen PEDA KTNA XXIV tahun 2012 bertempat di Wantilan Pusat Pemerintahan Kab. Badung, Kamis (13/9). Hadir pula para Kepala SKPD terkait di lingkungan Pemkab. Badung.

Ditambahkan pula bahwa sektor pertanian harus dikelola secara menyeluruh dari hulu sampai hilir karena akan berdampak sangat luas terhadap kehidupan masyarakatnya serta lingkungannya. Karena itu diperlukan teknologi pertanian yang dapat mengurangi kerugian yang lebih besar baik pemborosan pada budi daya maupun pasca panen serta pemasaran hasilnya. Lanjut disampaikan bahwa pelaksanaan PEDA ini mempunyai manfaat yang sangat besar untuk mengembangkan wawasan petani nelayan dalam meningkatkan produksi dan produktivitas menghadapi persaingan global.

“Jadikan PEDA ini sebagai momentum untuk meningkatkan jiwa kepemimpinan dan profesionalisme petani nelayan dalam kerangka mewujudkan petani nelayan yang tangguh, handal dan mandiri,” pesan Wabup Sudikerta. Sebagai bentuk motivasi, Wabup. Sudikerta secara pribadi memberikan bantuan sebesar Rp. 7 juta yang diterima Ketua Kontingen  I Nyoman Adnyana.

Disisi lain Kabag Administrasi Perekonomian Setda Kab. Badung Dewa Gede Joni Astabrata,Sp,MSi melaporkan bahwa pelaksanaan PEDA ini mempunyai tujuan untuk meningkatkan motivasi dan kegairahan para petani nelayan dan masyarakat selaku agribisnis dalam pembangunan sektor pertanian secara berkelanjutan, serta sasarannya adalah untuk mengikutsertakan segenap petani dan nelayan yang memiliki keunggulan dalam produksi serta memiliki keandalan dalam bidangnya masing-masing.

Baca Juga :
Forkompinda Denpasar Serukan Bali Aman dan Nyaman Untuk Berwisata

Adapun jumlah kontingen Badung untuk mengikuti PEDA adalah sebanyak 30 orang peserta berasal dari kalangan Kelompok Tani dan Kelompok KTNA diantaranya Taruna Tani sebanyak 5 orang, Wanita Tani sebanyak 7 orang dan Tani Dewasa sebanyak 18 orang. PEDA akan dilaksanakan di Kabupaten Klungkung selama  6 hari mulai tanggal 18 s/d 23 September 2012. IKA-MB

 

Bagikan :

Leave a Comment

Your email address will not be published.