Wabup Sanjaya Lepas 40 Kontingen KTNA Tabanan ke Ajang Peda XXVI

Metro Bali
single-image

Foto : Wakil Bupati Tabanan I Komang Gede Sanjaya melepas 40 kontingen Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Tabanan yang akan mengikuti Pekan Daerah (PEDA) ke XXVI tahun 2018, Selasa (4/9) di Ruang Rapat Dinas Pertanian Kabupaten Tabanan. 

 

Tabanan (Metrobali.com)- 

Wakil Bupati Tabanan I Komang Gede Sanjaya melepas 40 kontingen Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Tabanan yang akan mengikuti Pekan Daerah (PEDA) ke XXVI tahun 2018, Selasa (4/9) di Ruang Rapat Dinas Pertanian Kabupaten Tabanan. Hadir dalam acara tersebut Asisten II Tabanan I Wayan Miarsana dan Kepala Dinas Pertanian Nyoman Budana. Para Kontingen KTNA akan mengikuti Peda XXVI yang akan berlangsung 7 hingga 12 September 2018 di Lapangan Lumintang Denpasar dan di Hotel Batukaru Ubung Denpasar.

Wabup Sanjaya dalam sambutannya memberikan apresiasi dan rasa bangganya. Dirinya berharap Tabanan dapat memberikan yang terbaik dan kembali menjadi juara umum sehingga dapat mengharumkan nama Tabanan.

“Prestasi ini harus kita pertahankan. Kita harus handal dalam SDM dan juga pengetahuan, sehingga kita bisa meraih reward dan diakui. Mudah-mudahan semangat juang KTNA kita tidak pernah luntur. Semangat dan jangan menyerah. Saya sangat mengapresiasi pejuang-pejuang kita di Tabanan ini,” ungkapnya.

Wabup Sanjaya juga berpesan untuk selalu bangga menjadi petani. Pihaknya juga selaku pemerintah akan terus mendukung petani. Salah satunya melalui RPJMD Semesta Berencana dimana salah satu program utamanya adalah Pangan Sandang dan Papan. Selain itu Pemerintah juga telah bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten/Kota lain untuk mensejahterakan petani, diantaranya  MOU dengan Pemkab Badung. Pemerintah juga telah memiliki BUMDes dan Bumda.

“Mari kita bangga menjadi petani. Rasa bangga itu hal pertama yang harus kita miliki. Saat ini generasi muda jarang mau yang bertani. Buktikan bahwa image petani itu bagus, bisa sukses, dan  memiliki daya tarik. Pemerintah akan selalu memberikan support pada petani-petani kita,” jelasnya.

Baca Juga :
BI Bali Temukan 4.733 Lembar Uang Palsu

Wabup Sanjaya menambahkan saat ini produksi pertanian Tabanan sudah tidak diragukan lagi, demikian juga dengan distribusi yang sudah berjalan dengan baik. Namun perlu dicermati bahwa salah satu kendala ada di bidang pemasaran.

Sementara itu Ketua Kontingen KTNA Tabanan I Wayan Sukanada menjelaskan seluruh peserta PEDA XXVI merupakan representasi dari Kontak Petani, Petani Nelayan, Wanita Tani seluruh Kabupaten Tabanan, aparatur Pemerintah Kabupaten Tabanan  yang akan membidangi pertanian, perikanan, pelaku usaha agribisnis baik swasta maupun BUMN, akademisi dan masyarakat pemerhati pertanian, perikanan dan kehutanan. Pihaknya juga melaporkan kegiatan PEDA XXVI meliputi 6 aspek kegiatan.

“Aspek kegiatan tersebut antara lain: Upacara dan Apresiasi, Kepemimpinan dan Kemandirian Kontak Tani Nelayan, Kemitraan Usaha dan Jaringan Informasi Agribisnis, Pengembangan Teknologi dan Kualitas Produk Agribisnis, Pengembangan Wirausaha Petani Nelayan dan Kesadaran Lingkungan serta Kesekretariatan,” jelasnya.

Pihaknya sangat berharap pemerintah agar dalam menentukan kebijakan pembangunan khususnya di sektor pertanian, perikanan, dan kehutanan lebih memberikan dukungan dan dorongan terhadap pemberdayaan petani, nelayan, dan petani hutan untuk mewujudkan profesi yang membanggakan.

“Kami juga mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Tabanan yang telah memfasilitasi kelompok KTNA Tabanan sehingga dapat mengikuti PEDA XXVI Petani Nelayan Tahun 2018 di Denpasar. Kami mohon doa agar petani nelayan kabupaten Tabanan dapat Berjaya dalam perhelatan PEDA ini, seperti PEDA sebelumnya  Petani Nelayan Kabupaten Tabann selalu menjadi juara umum,” imbuhnya.

Sumber : Humas Pemkab. Tabanan

Editor : Whraspati Radha

Bagikan :

Leave a Comment

Your email address will not be published.