Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Wabup Sang Nyoman Sedana Arta Buka Temu Bhakti PMR Kabupaten Bangli

Metro Bali
single-image
Bangli (Metrobali.com)-
Wakil Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta, Kamis (19/7) membuka acara Temu Bakti PMR Kabupaten Bangli. Acara yang digelar di lapangan umum Kubu Bangli, dihadiri oleh Ketua DPRD Kab Bangli I.B. Raka Mudarma, Muspida Kabupaten Bangli, perwakilan PMR/PMI Provinsi Bali dan anggota PMR Kabupaten Bangli.
Ketua panitia penyelenggara Pasek Lanang Sadia mengatakan, Palang merah remaja ( PMR ) merupakan cikal bakal relawan  yang nantinya akan menjadi ujung tombak dari PMI  dalam melaksanakan kegiatan – kegiatan  kepalang merahan. Pembinaan PMR selama ini telah dilaksanakan oleh sekolah dengan mekanisme yang ada pada sekolah tersebut .
Dikatakan, dari fenomena yang ada saat ini, pembinaan yang dilakukan sekolah terhadap PMR masih berbeda-beda sesuai dengan kondisi masing-masing sekolah. Hal ini terbukti dengan banyaknya sekolah yang belum mendapat pembinaan  dari PMI Kabupaten. Sehingga untuk  mengatasi permasalahan itu, PMI kabupaten Bangli  setiap tahun rutin melaksanakan  kegiatan  Temu Bhakti PMR secara bergiliran.
                Tema yang diambil  dalam Temu Bakti PMR Kabupaten Bangli tahun ini adalah “Melalui  Temu Bhakti PMR PMI Kabupaten Bangli Tahun 2012, Kita Tumbuhkan  Rasa Kebersamaan Dan Kesatuan PMR”. Tujuannya  adalah untuk mempertemukan anggota PMR PMI se- kabupaten Bangli  dalam bentuk perkemahan, selain juga untuk meningkatkan  pengetahuan  dan ketrampilan  PMR tentang materi-materi kepalang merahan dan menjalin kerjasama dan keakraban  antara anggota PMR PMI Kabupaten Bangli dengan menumbuhkembangkan kepedulian  terhadap sesama dan meningkatkan  semangat kebangsaan  dan membangun karakter bangsa. Peserta  pada kegiatan ini  berjumlah 339 orang, terdiri dari peserta wira dari 6 sekolah SMA/SMK, peserta madya diikuti oleh 11 sekolah SMP dan peserta mula diikuti oleh 4 UPTD.
Dikatakan juga, jenis  kegiatan yang dilaksanakan adalah  kegiatan temu PMR merupakan  kegiatan yang berisikan aspek-aspek penilaian  interaksi diantara peserta, melalui sebuah perlombaanseperti lomba Hiking kepalangmerahan, LCT, tenda dan madding. Sedangkan  kegiatan bhakti menyangkut hubungan interaksi dari peserta kepada  masyarakat sekitar dan melaksanakan  pelayanan  yang sesuai mengenai  kepalangmerahan yaitu Pengobatan gratis, Donor darah, kunjungan ke yayasan dan penghijauan.
Sementara itu Wabup Bangli Sedana Arta mengatakan pihaknya sangat mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan dalam temu bhakti  PMR Kabupaten Bangli. Ada dua kegiatan  yaitu kegiatan temu dan kegiatan bhakti. Kegiatan temu bhakti PMR ini dipandang sangat strategis untuk melaksanakan evaluasi perkembangan PMR  di Kabupaten Bangli  melalui kegiatan lomba dan meningkatkan  citra PMI di masyarakat melalui berbagai kegiatan sosial yang dilaksanakan.
Dalam kesempatan tersebut Wabup Sedana Arta juga meminta kepada SKPD di lingkungan Pemkab Bangli mulai dari tingkat kabupaten sampai ke desa dan sekolah-sekolah untuk dapat memberikan subangsih dan dukungan  demi esistensinya PMR sebagai mitra Pemerintah Kabupaten Bangli dalam menjalankan misi kemanusiaan. “Kita berharap temu bakti PMR Kabupaten Bangli dapat meningkatkan  pengetahuan  dan ketrampilan  PMR tentang materi-materi kepalang merahan dan menjalin kerjasama dan keakraban  antara anggota PMR PMI Kabupaten Bangli,”ucapnya.
Seusai pembukaan, acara temu bakti PMR Kabupaten Bangli dilanjutkan  dengan  ceramah bela Negara yang dibawakan oleh Dandim 1626 Bangli dan peninjauan ke masing – masing stan peserta. HB-MB
Bagikan :
Baca Juga :
Pilkades di Tiga Desa, Berjalan Demokratis

Leave a Comment

Your email address will not be published.