Wabup Kasta Evaluasi Pemerintahan Se- Kecamatan Klungkung

Metro Bali
single-image

Wabup Kasta Evaluasi Pemerintahan Se- Kecamatan Klungkung
Klungkung ( Metrobali.com )-

Guna menindaklanjuti hasil pelaksanaan monitoring dan evaluasi akhir tahun 2013 terhadap penyelenggaraan pemerintahan di wilayah Kecamatan, Desa  dan kelurahan yang dilaksanakan oleh Tim Monitoring dan Evaluasi Penyelenggaraan Pemerintahan, Wabup Made Kasta memimpin langsung evaluasi pemerintahan se Kecamatan Klungkung pada Jumat (21/02).

Bertempat di ruang rapat Bhineka Guna Praja Camat Klungkung, pada evaluasi ini Wabup Made Kasta didamping Camat Banjarangkan Wayan Suteja, Asisten I Bidang Pemerintahan  Wayan  Tika, Asisten Bidang Ekonomi Pembangunan Gusti Ngurah Suardika, Staf Ahli bidang Hukum Wayan Sumarta, Kepala BPMDPD Putu Widiada, Kabag  Pemerintahan Ni Luh Ketut Ari Citrawati serta perwakilan SKPD terkait.

Sebelum diadakannya evaluasi ini, tim monitoring sudah lebih dulu melakukan monitoring terhadap dua desa, yaitu desa Manduang dan Desa Selisihan . Monitoring terhdap dua desa tersebut dilakukan untuk sampel, dengan tujuan untuk mengetahui keadaan dan permasalahan dalam  penyelenggaraan pemerintah desa di kedua desa tersebut.

Wabup Made Kasta menekankan kepada para Perbekel dan BPD agar menjalin hubungan yang harmonis dan terjadi komunikasi yang baik, “ Hal ini penting guna menjalankan pemerintahan desa dalam membangun desa” Ujarnya. Selain itu Kasta mengajak perangkat desa untuk mengangkat segala potensi yang dimiliki desa masing masing, hal ini penting untuk meningkatkan PAD.

Pada evaluasi yang dibuka  oleh Camat  Klungkung ini, dialog dipandu oleh Asisten satu bidang pemerintahan Wayan Tika. Wayan Tika Menyampaikan bahwa hasil pantauannya selama monitoring, bahwa sebagian besar jalannya pemerintahan desa sudah berjalan sebagaimana mestinya. Namun masih ada  beberapa hal yang masih perlu dibenahi dan ditingkatkan seperti misalnya masalah pemahaman UU Perdes. Tika menghimbau supaya para perangkat desa supaya lebih mengerti dan paham tentang UU Desa.

Baca Juga :
Kominda Klungkung Gelar Studi Komparatif Terkait Keamanan Wilayah ke Kabupaten Gunungkidul

Pada sesi dialog muncul pertanyaan dari Ketua Badan Permusyawaratan Dewa (BPD) Nyoman Merta mengenai Tata tertib BPD. Dimana Nyoman Merta mengharapkan paduan dalam pembuatan Tatib BPD tersebut. Asisten I Wayan Tika dalam jawabannya menyampaikan bahwa nantinya seluruh ketua BPD sekecamatan akan dikumpulkan dan diajak untuk membahas draf dan redaksi Tata Tertib BPD. Wabup Kasta yang ikut menjawab pertanyaan dari Nyoman Merta mengajak supaya BDP dan Perbekel agar bisa singkron dalam pembuatan Perdes. “ Perbekel atau BPD jangan sok berkuasa, rembugkan setiap permasalahan yang ada!” ujar Wabup Kasta.

Perbekel Selisihan juga menyampaikan permasalahan yang dialaminya, dia merasa yang selama ini diperoleh desanya sangat kecil dan hanya mengandalkan ADD yang kecil guna membangun desanya, untuk itu perbekel Selisihan harapkan bantuan pemkab Klungkung karena sudah selama dua tahun desa Selisihan tidak mendapatkan proyek pembangunan.

Selain itu masalah dana untuk perbaikan lampu penerangan jalan yang dirasa sangat kecil untuk memperbaiki banyak lampu yang telah padam. Wabup Kasta dalam jawabanya menyatakan akan membantu pembangunan infrastruktur di desa selisihan, dan juga masalah perbaikan lampu jalan akan ditinjau ulang apakah akan dikembalikan ke Bagian Perlengkapan atau dana perawatan lampu jalan yang akan ditambah.

Wabup Made Kasta kembali mengajak kepada para pengkat desa dan BPD untuk segera membuat Tata Tertib (Tatib) BPD, karena Tatib BPD ini sebagai dasar dalam pembentukan  Peraturan Desa (Perdes), peraturan desa selanjutnya berguna dalam mengawasi dan mengatur jalannya pembangunan di Desa. SUS-MB

Bagikan :

Leave a Comment

Your email address will not be published.