Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Vihara Dwipayana Denpasar Gelar Cuci Dewa

Metro Bali
single-image

Cuci Patung

Denpasar (Metrobali.com)-

Vihara Griya Kongco Dwipayana Tanah Kilap, Kota Denpasar, menggelar ritual Cuci Dewa untuk menyambut Hari Raya Imlek 2565.

“Ritual Cuci Dewa ini merupakan kegiatan rutin yang kami lakukan setiap tahunnya menjelang penyambutan tahun baru China,” kata Ketua Pengurus Griya Kongco Dwipayana Tanah Kilap Ida Bagus Made Adnyana di Denpasar, Sabtu (25/1).

Menurut dia, tradisi Cuci Dewa itu dilakukan pada 24-25 Januari 2014 yang diikuti oleh seluruh umat Buddha yang terdata di vihara tersebut.

Sebelum tradisi Cuci Dewa itu dilakukan, para umat melakukan persembahyangan mengantar dewa ke langit pada Kamis (23/1) tepat pukul 24.00 Wita atau sehari sebelum melaksanakannya.

Ritual antardewa itu dilakukan untuk mengantarkan para dewa agar kembali ke langit karena vihara akan dibersihkan oleh para umatnya.

“Setelah melakukan ritual itu, para umat diizinkan naik dan mengambil para dewa dari tempat persembayangan untuk dibersihkan,” ujarnya.

Saat cuci dewa para umat Budha menggunakan air diisi bunga untuk mengharumkan patung-patung dewa yang disucikan tersebut.

Selain melakukan tradisi cuci dewa, para umat juga membersihkan seluruh bagian vihara dan termasuk mengecat kembali bagian yang sudah pudar atau mengganti bagian yang rusak oleh usia. AN-MB

Bagikan :
Baca Juga :
Badung Gelar Sosialisasi Aplikasi SPSE, Hadirkan Narasumber dari LKPP-RI

Leave a Comment

Your email address will not be published.