Validasi Surat Suara Denpasar Tidak Ada Perbaikan

Metro Bali
single-image

Denpasar (Metrobali.com)-

Tahapan validasi spesimen surat suara calon anggota legislatif untuk DPRD Kota Denpasar pada Pemilu 2014, sama sekali tidak ada perbaikan penulisan nama maupun nomor urut seteleh dilakukan pengecekan oleh perwakilan parpol.

“Dalam proses validasi ini, memang contoh surat suara dicek kembali oleh perwakilan 12 parpol terhadap 372 nama maupun nomor urut caleg yang akan maju ke DPRD Kota Denpasar,” kata Ketua KPU Kota Denpasar I Gede Jhon Darmawan di sela-sela proses validasi spesimen surat suara, di Denpasar, Selasa (17/12).

Menurut dia, validasi surat suara memang tahapan yang harus dilalui untuk menghindari terjadinya salah cetak. Hasil validasi selanjutnya akan diserahkan ke KPU Provinsi Bali, nanti dari sana mereka yang akan meneruskan ke KPU Pusat.

“Pencetakannya akan diatur oleh KPU Pusat karena kewenangan ada pada mereka, yang dijadwalkan mulai dicetak pada 4 Januari 2014,” ujarnya.

Pada acara tersebut, setiap perwakilan parpol mencermati satu per satu daftar nama beserta nomor urutnya, lalu diisi paraf dan ternyata setelah dicermati tidak ada kesalahan penulisan nama maupun nomor urut caleg sehingga otomatis tidak ada perbaikan.

Hanya saja perwakilan parpol yang ke KPU Kota Denpasar tidak semunya datang tepat waktu, ada tiga perwakilan parpol yang datang terlambat hingga tiga jam dari waktu undangan KPU.

“Setelah proses ini, jika ternyata ada nama maupun nomor urut caleg yang keliru, itu sudah tidak bisa diubah lagi. Ada sedikit perubahan dalam desain tulisan surat suara mendatang dibandingkan dengan yang tercantum di daftar calon tetap (DCT) karena nama calegnya ditulis semuanya huruf besar,” katanya.

Untuk jumlah pemilih pada Pemilu 2014 di Kota Denpasar sebanyak 407.541 jiwa yang terbagi menjadi lima daerah pemilihan yakni Dapil I dan Dapil II berada di Kecamatan Denpasar Barat, Dapil III di Denpasar Utara, Dapil IV di Denpasar Timur, dan Dapil V di Denpasar Selatan. serta untuk jumlah tempat pemungutan suara (TPS) mencapai 1.131.

Baca Juga :
Insights On Painless Secrets Of Admission Essay

Sebelumnya Komisi Pemilihan Umum Provinsi Bali sudah mengundang perwakilan partai politik dan calon anggota Dewan Perwakilan Daerah untuk memvalidasi nama dan nomor urut peserta Pemilu 2014 dalam spesimen surat suara pada Senin (16/12).

“Tujuan acara validasi kali ini, jangan sampai ada kesalahan surat suara setelah dicetak nanti. Kami sudah menerima spesimen surat suara untuk calon anggota DPRD Provinsi Bali dan DPD,” kata Ketua KPU Bali Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi, dalam acara validasi surat suara tersebut. AN-MB

Bagikan :

Leave a Comment

Your email address will not be published.