Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Tokoh Kebo Iwa Dilecehkan, Pesemetonan Karangbuncing Mengadu KPID Bali

Metro Bali
single-image

Denpasar (Metrobali.com)-

Stasiun MNC TV kembali diadukan oleh masyarakat, karena salah satu sinetronnya yang mengangkat Cerita Rakyat Bali tentang tokoh “ Kebo Iwa” dianggap telah melecehkan tokoh tersebut. Masyarakat Bali dari keturunan Sri Karang Buncing , yang nota bene juga menurunkan Tokoh Kebo Iwa tersebut, dalam aduannya yang diterima KPI D Bali, berdasarkan surat aduan No. 64/VI/HK-02/SKB/2011, tertanggal 11 Juni 2012, yang diterima KPI D Bali tanggal 12 Juni  tersebut,  menyatakan bahwa stasiun televisi tersebut telah melecehkan Tokoh Panutan Masyarakat Bali tersebut .

I Made Suparta Karang, Ketua Umum Pasemetonan Sri Karangbuncing menyatakan bahwa sinetron tersebut mengesankan pelecehan terhadap Tokoh Kebo Iwa. Dalam tayangan tersebut, Kebo Iwa diceritakan sebagai seorang raksasa yang menyeramkan dan berperilaku tidak terpuji.  “ Kami sebagai warih beliau,  merasa belum bisa terima terhadap tayangan tersebu,” tandasnya seperti yang dilansir kpid-baliprov.go.id.

Menyikapi aduan tersebut, I Wayan Yasa Adnyana, SH, MH., Koordinator bidang pengawasan isi siaran KPI D Bali , menyatakan salut dan berterima kasih kepada Pasemetonan Sri Karang Buncing, karena telah menggunakan haknya sebagai bagian dari masayrakat Bali, yang secara proaktif ikut melindungi nilai-nilai kearifan local Bali. “ Itu kami hormati, dan kami hargai,”tandasnya.  Dengan semakin meningkatnya kesadaran masayrakat untuk ikut mengawasi lembaga penyiaran dan menggunakan hak-haknya itu, tentu akan dapat menyempurnakan kinerja KPI D Bali .

Selain menyambut baik aduan terebut, dia sudah menindak lanjutinya dengan mengirim surat teguran keras ke MNC TV melalui  KPI Pusat.  Dalam surat yang ditandatangani Drh.Komang Suarsana, M.MA tersebut,  sanksi yang dberikan KPI D Bali , adalah meminta Manajemen MNC TV agar menghentikan siaran sinetron Kebo Iwa dan juga meminta agar MNC TV menyiarkan permintaan maaf dalam bentuk adlibs kepada masyarakat Bali terutama kepada keturunan  tokoh Kebo Iwa yang ada diplosok Nusantara. “ Kita sudah mengirim teguran dan kita menunggu tindak lanjut klarifikasi yang biasanya dimediasi oleh KPI Pusat,” ungkapnya, atau kalau MNC TV menerima sanksi tersebut, maka permintaan itu akan langsung dilaksanakan, seraya mengatakan surat tersebut juga ditembuskan ke Gubernur Bali, DPRD Bali (khusus ke Komisi I DPRD Bali). YS-MB

Baca Juga :
Kembang Hartawan Pimpin Peringatan Sumpah Pemuda

 

 

Bagikan :
11 Comments
  1. Avatar
    wayan sukajaya 8 years ago
    Reply

    maju truss.. kami para semeton karang buncing mendukung demi kemuliaan leluhur. yang berbuat pasti akan memetik hasilnya.

  2. Avatar
    putu 8 years ago
    Reply

    Saya bukan keturunan trah Sri Karangbuncing. Saya lahir di Bali, orang tua saya nak bali, tetapi saya menaruh simpati dan menghormati para leluhur orang orang Bali dan Jawa. Beliau itu orang orang bijakasana, orang yang sangat dihormati, jika ada sutradara melecehkan para leluhur orang Bali, maka patut diberi imbalan setimpal. Stasiun MNC harus bertanggung jawab atas siaran itu. Katanya, salah satu onwnernya adalah pencinya budaya Nusantara, kenapa ia sendiri melecehkan budaya nusantara. Orang semacam ini tak perlu menjadi pemimpin di Negara Indonesia ini.

  3. Avatar
    dewa 8 years ago
    Reply

    Tutup aja MNC TV di Bali…

  4. Avatar
    Made Bawa 8 years ago
    Reply

    suksma Metro Bali sudah mau berbagi informasi ,,,

  5. Avatar
    I G N Widiantara 8 years ago
    Reply

    tyang bukan dr keturunan beliau, tp jangan biarkan tokoh yg kita hormati, sakralkan, dilecehkan ,. maju trus

  6. Untuk sutradara >> jika ingin mengangkat cerita Tokoh Kebo iwa di mohon berkunjung dulu ke warga karang buncing untuk mendapatkan cerita yg lebih real daripada mengarang cerita.

    Untuk warga bali >> Suksma sampun peduli dengan Leluhur

  7. Avatar
    watumiaji 8 years ago
    Reply

    Perlu ditelusuri siapa narasumber yang dipakai PH yang membuat sinetron itu. Ada kemungkinan narasumbernya adalah orang Bali sendiri.

  8. Avatar
    sonny karang 8 years ago
    Reply

    maju terus!!!! tiang semeton saking sesetan selalu mendukung…

  9. Avatar
    manari 8 years ago
    Reply

    sejarah kebo iwa, telah di dramatisir,,untuk mengaungkan gajah mada,karena gajah mada tidak mampu menaklukan kebo iwa dan gajah wastra raja saat itu

  10. I’m not that much of a internet reader to be honest but your sites really nice, keep it up! I’ll go ahead and bookmark your website to come back later on. All the best|

  11. Avatar
    gta 5 download 4 years ago
    Reply

    They should try to avail psychological therapies to curb out these problems.
    Dark Forces was one of few FPS games that touched the magnificence of Doom.
    Football Manager offers you the chance to put those opinions into practice.

Leave a Comment

Your email address will not be published.